Beranda Pendidikan Video Pengusiran Siswa dan Penutupan SMKN 9 Bandarlampung yang Bikin Geram

Video Pengusiran Siswa dan Penutupan SMKN 9 Bandarlampung yang Bikin Geram

179
BERBAGI
Kadis Pendidikan Bandarlampung menunjukkan SK penutupan SMKN 9. (Foto: Ferry/inilampung.com)

TERASLAMPUNG.COM — Ini adalah video yang mempertontonkan Kepala Dinas Pendidikan Bandarlampung Suhendar Zuber mendatangi SMKN 9 Bandarlampung dan menutup sekolah yang baru berdiri itu tepat di hari pertama siswa kelas satu pertama kali masuk sekolah, Senin (18/7/2016). Video ini menuai kecaman netizen karena mempertontonkan langkah pemimpin sangat tidak popular dan dinilai publik sebagai ‘memuakkan’ dan tidak mendidik.

Banyak netizen menilai video ini menggambarkan kekerasan visual yang justru dilakukan pejabat. Dalihnya: melaksanakan perintah atasan dan sudah berbicara dengan kepala kepolisian kota.

Publik tahu bahwa SMKN 9 memang dibangun dengan dana APBD Kota Bandarlampung dan baru selesai pada menjelang akhir 2015 lalu. Ketika UU No. 23 Tentang Pemerintah Daerah mengembalikan kewewenangan pengelolaan SMK dan SMA kepada Pemerintah Provinsi maka sepertinya Pemkot Bandarlampung sia-sia membangun gedung ini. Lalu, Pemkot Bandarlampung mengalihkan pemakaian gedung SMKN 9 Bandarlampung menjadi gedung SMPN 32 Bandarlampung.

Karena tidak sabar menunggu hasil uji materi UU 23/2014 yang diajukan Pemkot Blitar dan Pemkot Surabaya, sementara UU 23/2014 akan resmi berlaku pada Januari 2017, pihak Pemkot Bandarlampung pun berkukuh menutup SMKN 9 Bandarlampung.

Masalahnya: pendaftaran siswa baru SMKN 9 Bandarlampung sudah dilakukan dan siswa/siswi pada Senin (18/7/2016) sudah masuk untuk pertama kali.

SIMAK: Hari Pertama Masuk Sekolah, Siswa SMKN 9 Bandarlampung Terusir dari Sekolahnya

Masalah lainnya: cara Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandarlampung menutup SMKN 9 Bandarlampung sama sekali tidak mencerminkan cara-cara pemimpin di lembaga pendidikan. Berteriak-teriak, debat kusir, dan bicara dengan suara yang keras sungguh-sungguh bukan cermin seorang pendidik yang baik.

Mestinya persoalan tidak menjadi bola liar dan seolah tanpa arah dn makin meruncing jika ada komunikasi yang baik antara Walikota Bandarlampung Herman HN dan Gubernur Lampung Ridho Ficardo.

TL/Tim Teraslampung.com
Video: Ferry Susanto Arsyad