Beranda Views Kisah Lain Video Viral, Raja Salman Berangkatkan Haji Kakek Berusia 100-an Tahun dari Indonesia

Video Viral, Raja Salman Berangkatkan Haji Kakek Berusia 100-an Tahun dari Indonesia

428
BERBAGI
Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Esam Abid Althaqafi (kiri) bersama Kakek Uhi (kanan) di Kantor Kedubes Arab Saudi saat menyampaikan undangan dari Raja Salman dan Putera Mahkota untuk Kakek Uhi menunaikan ibadah Haji.[Dok. Kedubes Arab Saudi/Antara]

TERASLAMPUNG.COM — Raja Salman bin Abdulaziz dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman memberangkatkan haji seorang kakek berusia 94 tahun asal Indonesia setelah video permintaannya viral.

Kakek bernama Uhi diundang oleh Raja Salman ke tanah suci setelah video keluarga Uhi dengan bahasa Arab, meminta Raja Salman agar memberangkatkan haji dirinya dan keluarganya, menurut keterangan Kedutaan Besar Arab Saudi di Indonesia pada Kamis, 18 Juli 2019, seperti dikutip dari Antara.

“Mereka juga mengklaim bahwa sang kakek sudah berusia 130 tahun,” menurut Kedutaan Besar Arab Saudi.

Setelah video permintaan kakek Uhi viral, puluhan dermawan Arab Saudi membantu menghajikan Kakek Uhi.

Sampai akhirnya video Kakek Uhi yang viral dua pekan lalu diketahui Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Menurut laporan Arabnews, video Kakek Uhi mulai viral di Arab Saudi sejak 16 Juli lalu.

Di bawah sistem kuota haji di Indonesia saat ini, yang memiliki populasi Muslim terbesar di dunia dengan lebih dari 227 juta orang, calon haji harus menunggu hingga 15 tahun untuk mendapat giliran menunaikan haji. Batasan kuota ini membuat Kakek Uhi mesti menunggu lama untuk berhaji.

Namun Kakek Uhi dan keluarganya diundang menjadi tamu kerajaan dan menunaikan ibadah haji tahun ini.

Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Esam Abid Althaqafi, telah mengundang Kakek Uhi dan keluarga ke Kedubes Saudi di Kuningan, Jakarta Selatan, untuk menyampaikan undangan Raja Salman.

“Keduanya (Raja Salman dan Pangeran Mohammed bin Salman) memerintahkan untuk segera memproses keberangkatan (Kakek Uhi dan keluarganya) ke tanah suci guna menunaikan ibadah haji,” kata Dubes Arab Saudi Althaqafi.

Tempo.co

Loading...