Beranda Seni Film Viral: “Tilik”, Film dengan Tokoh Bu Tejo yang Mirip Wagub Lampung

Viral: “Tilik”, Film dengan Tokoh Bu Tejo yang Mirip Wagub Lampung

600
BERBAGI
Akting Siti Fauziah Saekhoni (pemeran Bu Tejo) dalam film pendek Tilik.(Youtube Ravacana Films)
Akting Siti Fauziah Saekhoni (pemeran Bu Tejo) dalam film pendek Tilik.(Youtube Ravacana Films)

TERASLAMPUNG.COM — Film pendek berjudul Tilik besutan sutradara Wahyu Agung Prasetyo, dalam empat hari terakhir menjadi viral di medsos setelah dirilis bertepatan dengan HUT kemerdekaan RI, 17 Agustus 2020. Di Lampung, film ini menjadi heboh karena salah satu tokohnya, Bu Tejo (diperankan Siti Fauziah Saekhoni) mirip Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim alias Nunik.

“Wah benar mirip mbak itu” , “Mirip Bu Nunik ya”, adalah dua contoh komentar warganet ketika menyaksikan wajah Bu Tejo. Tak jarang warganet asal Lampung kemudian membuktikan sendiri dengan mengeklik di tautan resmi kanal Youtube milik Ravacana Films.

“Wah memang mirip Bu Nunik,” ujar seorang warganet.

Kolega Teraslampung di Solo yang juga mengenal Chusnunia Chalim ketika “dipancing” Teraslampung soal tampang Bu Tejo, langsung berkomentar,”Mbak Wagub…”

Hingga Jumat siang (21/8/2020) belum ada komentar dari Wagub Lampung, Chusnunia Chalim. Banyak warganet di Lampung yang meyakini wagub yang akrab disapa Mbak Nunik itu sudah menonton film pendek itu karena ia termasuk aktif di medsos,terutama Instagram.

“Mungkin Bu Nunik juga tertawa menyaksikan akting Siti Fauziah yang wajahnya mirip beliau itu,” tulis seorang warganet lain.

Rumpian di atas Bak Truk

Film Tilik berkisah tentang topik sederhana khas masyarakat perdesaan, yaitu tilik atau menengok orang sakit.

Dikisahkan, sekelompok ibu-ibu kampung di Sleman,Yogyakarta, menumpang truk yang dikemudikan Gotrek, menuju ke rumh sakit untuk menjenguk Bu Lurah. Seting cerita sebagian besar hanya di atas bak truk yang sedang berjalan. Selama perjalanan itu, bukan soal sakitnya Bu Lurah yang dibicarakan para ibu. Pembicaraan yang panas dan memancing emosi adalah ketika Bu Tejo bergosip tentang Dian, gadis desa yang kini disebut-sebut dekat dengan anak bujangnya Bu Lurah.

Gosipan Bu Tejo memancing emosi (Brilliana Desy) yang memang masih punya hubungan saudara dengan Dian. Yu Ning tidak percaya apa yang digosipkan Bu Tejo. Namun, ibu-ibu lain malah kompak mendukung dugaan Bu Tejo bahwa Dian termasuk gadis yang “nggak bener”.

Rumpian terus berlangsung hingga truk memasuki halaman rumah sakit. Bahkan ketika mereka bertemu Dian di halaman rumah sakit yang mengabarkan bahwa Bu Lurah belum bisa dijenguk pun rumpian itu masih berlangsung.

Film ini menjadi viral bukan hanya lantaran kisahnya yang menarik dan aktual, tetapi juga akting para pemain dan penggarapannya bagus. Isunya pun mengena atau pas dengan isu kekinian atau isu mutakhir: hoaks, hamil di luar nikah, suap pilkades.

Soal kualitas film, sutradara kondang Joko Anwar memberikan acungan jempol.

Di akun Twitter miliknya, Joko Anwar menilai film pendek Tilik memiliki cerita yang segar. “Barusan nonton film pendek TILIK. Fresh, delightful. Setting ceritanya cukup brilian. Sederhana tapi gigit,” tulis mantan wartawan The Jakarta Post itu, Kamis (20/8/2020).

Hingga Jumat siang (21/8/2020) film yang diunggah Ravacana Films di Youtube.com ini sudah ditonton 2.843.950 pemirsa.

 

 

Loading...