Viral Video Polisi di Tulangbawang Bernyanyi Lagu Dangdut di Pasar untuk Kampanye Prokes

  • Bagikan
Polisi di Tulangbawang bernyanyi lagu dangdut "Tung Keripit" di Pasar Unit II Tulangbawang/Foto: dok Facebook - Hera Pandiangan
Polisi di Tulangbawang bernyanyi lagu dangdut "Tung Keripit" di Pasar Unit II Tulangbawang/Foto: dok Facebook - Hera Pandiangan

TERASLAMPUNG.COM — Sebuah video yang menjadi viral kini ramai menjadi perbincangan masyarakat Lampung di media sosial. Dalam video amatir yang diunggah warganet melalui Facebook itu beberapa polisi terlihat bernyanyi  lagu “Tung Keripit”-nya Rhoma Irama tetapi dengan syair yang sudah diubah dengan kampanye imbauan untuk menerapkan protokel kesehatan (Prokes) selama pandemi Covid-19.

Lagu ini terasa pas untuk masyarakat Kabupaten Tulangbawang karena syairnya ada kata kunci “Tulangbawang”. Dalam lagu yang dinyanyikan Rhoma Irama, salah satu syairnya berbunyi “Tung keripit ahai Tulangbawang“. Nah, oleh para polisi ini lagu itu dinyanyikan dengan baris syair “Hai masyarakat warga Tulangbawang“.

Berdasarkan penelusuran teraslampung.com, video itu awalnya diunggah oleh pemilik akun Facebook bernama Hera Pandiangan pada 27 September 2020 lalu. Video tersebut kemudian tersebar secara luas di medsos. Hingga Kamis, 21 Juli 2021, video tersebut disukai 6 ribu orang lebih, 1.400-an komentar, dan 625 ribu tayangan. Artinya, kampanye pak polisi di Tulangbawang ini sangat efektif. Memang, karena video tersebut tidak hanya tersebar di Lampung, maka yang terkena sasaran kampanye para polisi itu bukan warga Tulangbawang tetapi bisa saja warga Indonesia dari berbagai daerah. Tetapi itu tetap bagus, bahkan lebih bagus karena jaungkauannya jauh lebih luas.

Aksi para polisi yang dilakukan di Pasar Unit II Tulangbawang, Provinsi Lampung itu pun menuai pujian dari para netizen. Para pedagang dan pengunjung pasar pun terlihat senang dengan kehadiran para polisi yang bernyanyi untuk menghibur sambil kampanye prokes itu. Apa lagi aksi itu tidak hanya dilakukan di halaman parkir pasar, tetapi juga di selasar atau lorong lapak di dalam pasar.

Soal efektivitas kampanye Prokes para polisi lewat tayangan video ini memang masih diperdebatkan. Namun, yang dilakukan pak polisi ini jauh lebih baik dibanding dengan aksi penegakan prokes yang dilakukan oknum aparat pemerintah daerah di beberapa daerah di Indonesia yang mengedepankan kekerasan.

Berikut ini syair lagu “Tung Keripit” versi para polisi yang sedang kampanye Prokes di Kabupaten Tulangbawang:

Hai masyarakat Unit II Tulangbawang/Kalau nggak pakai masker anda segera pulang
Hai masyarakat Unit II Tulangbawang/Kalau nggak jaga jarak  anda bisa terserang

Lebih baik anda di rumah saja/ daripada terkena virus corona
Virus corona sangat berbahaya/Lindungilah dirimu dan keluarga

Hai masyarakat Unit II Tulangbawang/Kalau sedang di rantai janganlah nekat pulang
Hai masyarakat Unit II Tulangbawang/Kalaulah nekat pulang pastilah terkena hadang

Selama virus corona belum reda/ayolah ikuti aturan yang ada
Selama virus corona belum reda/marilah kita tawakal dan berdoa

Hai masyarakat Unit II Tulangbawang/Kalau nggak pakai masker anda segera pulang
Hai masyarakat Unit II Tulangbawang/Kalau nggak jaga jarak  anda bisa terserang

https://www.facebook.com/100003959903475/videos/1988440204631290/#GetFVid

  • Bagikan