Beranda News Internasional Virus Corona: Korban Tewas China Bertambah Jadi 563 Orang

Virus Corona: Korban Tewas China Bertambah Jadi 563 Orang

602
BERBAGI
Seorang anggota staf medis memeriksa suhu pasien yang dikarantina di sebuah hotel di kota Wuhan.FOTO: EPA-EFE

TERASLAMPUNG.COM — Korban meninggal karena virus corona baru di China hingga Kamis (6/2/2020) melonjak drastik menjadi 563 orang. Tambahan korban meninggal hingga 70 orang cuma dalam tempo sehari karena banyak ditemukannya korban di dalam kapal pesiar Jepang.

Pejabat Provinsi Hubei, pusat epidemi, melaporkan 70 kematian baru pada hari Rabu dan 2.987 kasus baru yang dikonfirmasi – lebih dari 80 persen dari total yang dilaporkan oleh otoritas Tiongkok.

Kematian lainnya adalah di kota Tianjin, provinsi timur laut Heilongjiang dan provinsi Guizhou di barat daya.

Komisi Kesehatan Nasional China mengatakan 3.694 kasus virus corona baru dilaporkan di seluruh negara itu pada hari Rabu, sehingga totalnya menjadi 28.018.

Sementara itu, 261 orang keluar dari rumah sakit setelah pemulihan pada hari Rabu, membuat total 1.153 pasien yang terinfeksi virus telah keluar dari rumah sakit setelah pemulihan pada akhir hari itu, kata otoritas kesehatan.

Pertemuan Kabinet China yang diketuai oleh Perdana Menteri Li Keqiang pada  Rabu mengatakan, salah satu prioritas pemerintah adalah untuk memastikan bahwa Hubei dan ibu kota provinsinya, Wuhan, tempat virus tersebut berasal, diberikan pasokan dan tenaga medis yang diperlukan untuk mengatasi virus tersebut.

Lebih dari 200 kasus telah dilaporkan di 27 negara dan wilayah lain di luar Cihna daratan, menurut penghitungan Reuters berdasarkan pernyataan resmi.

Ada dua kematian di luar China daratan – di Filipina dan Hong Kong. Kedua korban tersebut memiliki riwayat berkunjung ke Kota Wuhan, China.

Ratusan orang asing telah dievakuasi dari Wuhan dan ditempatkan di pusat-pusat karantina di seluruh dunia. Sementara itu ribuan penumpang dan kru sedang dikunci di dua kapal pesiar di perairan Asia.

Sepuluh orang lagi di kapal pesiar di pelabuhan Jepang Yokohama, selatan Tokyo, dinyatakan positif terkena virus korona, lapor televisi NHK, mengutip kementerian kesehatan Jepang, sehingga jumlah total kasus di kapal menjadi 20.

Sekitar 3.700 orang menghadapi setidaknya dua minggu dikarantina di kapal pesiar setelah seorang pria Hong Kong berusia 80 tahun dinyatakan positif mengidap virus corona. Pria itu baru saja melakukan perjalanan di ke Wuhan akhir bulan lalu.

“Kami berharap bahwa pemerintah AS akan mengirimkan transportasi untuk orang-orang Amerika di atas kapal,” kata Gay Courter, seorang novelis Amerika berusia 75 tahun di atas kapal, kepada Reuters.

Straits Times/Reuters

 

Loading...