Beranda News Nasional Wabah Virus Corona, Indonesia akan Evakuasi Semua WNI di China

Wabah Virus Corona, Indonesia akan Evakuasi Semua WNI di China

278
BERBAGI
Seorang pria dan anaknya mengenakan masker setelah terungkap salah-seorang warga Hong Kong diketahui terpapar virus corona. Foto Getty Image via BBC

TERASLAMPUNG.COM — Kementerian Luar Negeri memastikan tidak akan ada diskriminasi ataupun perbedaan perlakuan terkait status WNI yang ada di China bila proses evakuasi nantinya dilakukan.

Pelaksana tugas (Plt) Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah mengatakan pemerintah berkewajiban melindungi seluruh rakyat tanpa membeda-bedakan.

“Tidak ada perbedaan antara siapa yang VIP dan bukan. Semua akan mendapatkan treatment serupa,” ujar Faizasyah di Jakarta, Senin.

Menurut Faizasyah, pemerintah juga sudah menjalin komunikasi dengan perwakilan asing di China yang kemungkinan akan mengambil opsi serupa berupa evakuasi seperti AS, Perancis, Australia, dan beberapa negara lainnya.

Dia menjelaskan saat ini terdapat 243 WNI di China yang tersebar di Wuhan, Xianing, Huangshi, Jiangzhou, Xianyang, Enshi, dan Shiyan dan belum ada satupun WNI yang terjangkit virus korona.

Sementara itu, Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha, mengatakan proses evakuasi sudah diatur dalam undang-undang nomor 37 tahun 1999 terkait hubungan luar negeri.

“Dalam pasal 21 (menjelaskan) bahwa kewajiban negara dan tanggung jawab negara adalah melakukan perlindungan terhadap warganya, termasuk menghimpun ke daerah aman atas biaya negara,” jelas Judha.

Dia mengatakan negara akan menanggung seluruh biaya evakuasi warganya ke tempat aman. Namun, setelah kondisi aman negara tidak memiliki kewajiban untuk mengembalikan warganya ke tempat semula.

“Kewajiban negara hanya evakuasi ke daerah aman dan setelah normal jadi kewajiban dan tanggung jawab masing-masing untuk kembali ke China,” ungkap Judha.

Judha memastikan negara akan memberikan perlindungan secara maksimal kepada seluruh warga negara yang berada di luar negeri.

Anadolu

Loading...