Beranda Ruwa Jurai Wabup Heri Wardoyo Resmikan Pasar Hewan di Kampung Bujuk Agung

Wabup Heri Wardoyo Resmikan Pasar Hewan di Kampung Bujuk Agung

332
BERBAGI
Wakil Bupati Tulangbawang Heri Wardoyo (kedua kiri) pada acara peresmian pasar hewan di Kampung Bujuk Agung, Kecamatan Banjar Margo, Tulangbawang, Rabu (7/10/2015).

TERASLAMPUNG.COM– Wakil Bupati Tulangbawang  Heri Wardoyo meresmikan pasar hewan dan pasar pagi di Kampung Bujuk Agung, Kecamatan Banjar Margo, Kabupaten Tulangbawang . Rabu (7/10/2015).

Menurut Heri,  keberadaan  pasar hewan dan pasar pagi  di suatu wilayah memiliki fungsi yang sangat penting bagi masyarakat dan juga bagi pemerintah daerah.

“Pasar merupakan simbol aktivitas ekonomi masyarakat, sehingga keberadaannya dapat menjadi sentra pertumbuhan ekonomi bagi wilayah tersebut. Sebab itulah, pemerintah Kabupaten Tulang Bawang  senantiasa berupaya untuk meningkatkan kualitas dan fungsi pasar yang ada di kampung-kampung dan kecamatan di Tulangbawang, sehingga nantinya diharapkan dapat memberi kontribusi bagi kemajuan dan proses pembangunan di daerah ini,” katanya..

Untuk mewujudkan hal tersebut, lanjutnya, Pemeraintah Daerah  Tulangbawang  menyadari bahwa keberhasilan dalam mengembangkan keberadaan dan fungsi pasar hanya akan dapat berjalan dengan baik apabila penentuan kebijakan operasional mengakomodasi dan melakukan koordinasi dengan semua unsur.

“Unsur-unsur  yang berkepentingan dengan keberadaan pasar tersebut, yaitu para pedagang, masyarakat, aparat keamanan dan unsur pemerintah daerah. Tetapi,  yang lebih menentukan perkembangan pasar sebenarnya terletak di pundak para pedagang dan masyarakat yang memanfaatkan pasar tersebut,” jelasnya.

Oleh karena itu, kata Heri, sudah selayaknya apabila pihak-pihak yang paling berkepentingan dengan keberadaan pasar senantiasa berperan aktif dalam turut mendukung setiap upaya yang bertujuan memajukan atau mengembangkan keberadaan dan fungsi pasar.

“Wujud peran aktif yang dapat diberikan antara lain dalam hal pemeliharaan, perawatan, kebersihan, ketertiban dan keamanan pasar. Dan, untuk melaksanakan tanggung jawab seperti ini, sudah selayaknya pula apabila pihak-pihak yang berkepentingan tersebut menjunjung tinggi persatuan dan kebersamaan, dengan mengutamakan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi apalagi kelompok,” ujarnya.

Heri berharap semangat membangun yang telah ditunjukkan selama ini jangan pernah pudar. “Tetaplah berkarya, karena sekecil apapun kontribusi kita akan sangat membantu mewujudkan dan mengisi kemajuan pembangunan di Kabupaten Tulangbawang  yang kita cintai ini.Khususnya untuk pembangunan pasar desa ini. Semoga fasilitas ini dapat digunakan secara maksimal,” tandasnya.

Dalam peta jalan (road map) peternakan di Lampung yang sedang disusun Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung, Kabupaten Tulangbawang termasuk daerah yang menjadi pengembangan utama ternak sapi di Provinsi Lampung. Selain ketersediaan pakan, Kabupaten Tulangbawang dinilai masih memiliki potensi lahan yang cukup untuk pengembangan peternakan sapi.

Mas Alina Arifin