Wagub Bachtiar Basri akan Pantau Ujian Nasional SMA-SMK

  • Bagikan
Bachtiar Basri

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com — Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri akan memantau pelaksanaan Ujian Nasional (UN) SMA/MA/SMK, Senin (13/4).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Lampung, Chrisna Putra, mengatakan pemantaan UN ini akan dilakukan diberbagai sekolah, yaitu SMAN 2, SMAN 9, SMA Al-Kautsar dan MAN 2 Bandarlampung.

“Tujuannya untuk memotivasi siswa dalam mengerjakan soal, sekaligus pemantauan UN,” kata Chrisna,

Menurutnya, jauh hari sebelum UN, Pemprov Lampung telah melaksanakan koordinasi dan harmonisasi dengan kabupaten/kota.

“Semoga pelaksanaan UN tingkat SLTA di Provinsi Lampung berjalan lancar. Mudah-mudahan, tidak ada kebocoran soal UN,” ujar mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Lampung Timur ini.

Selain Wagub Bachtiar Basri, pemantauan UN juga akan dilakukan oleh Asisten III Bidang Kesejahteraan Umum, Elya Muchtar, Kadis Pendidikan, Heri Sulistyo, dan Kadis Kominfo Chrisna Putra.

Sementara itu, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Heri Sulistyo mengatakan menjelang UN tingkat SMA dan sederajat. “Kami sudah melibatkan pihak kepolisian dan pengawasan dari Unila dalam mendistribusikan soal UN ke 15 Kabupaten/ Kota, diharapkan tidak ada kecurangan kebocoran soal, sehingga para siswa benar-benar bisa mengerjakan soal sesuai pengetahuan meraka yang telah dipelajari selama ini, ” kata dia.

Menurut Heri, pendistribusian soal-soal dikawal ketat oleh kepolisian, pengawas dari Unila dan Dinas pendidikan setempat agar tidak terjadi kecurangan dalam saat melakukan pengiriman soal tersebut.

“Setelah melakukan pendistribusian soal UN selesai maka sudah bukan menjadi tanggung jawab kami lagi tetapi sudah menjadi tanggung jawab dinas pendidikan Kabupaten masing-masing-masing,” jelasnya.

Dia menjelaskan, apabila terdapat kekurangan soal pada UN berlangsung, dinas kabupaten/kota setempat, agar langsung melapor ke Dinas pendidikan di kabupaten yang terdekat agar mendapatkan bantuan soal kemungkinan Kabupaten tersebut memiliki kelebihan soal.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung mengharapkan agar pelaksanaan UN yang selalu diselenggarakan setiap tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan kepada para siswa/siswi agar bisa mengerjakan soal UN secara teliti serta jangan percaya pada hasil bocoran jawaban yang diberikan oleh pihak mana pun.

Ariftama

  • Bagikan
You cannot copy content of this page