Beranda Teras Berita Wagub Lampung Buka Pelatihan Calon Asesor untuk Akreditasi PAUD dan Pendidikan Nonformal

Wagub Lampung Buka Pelatihan Calon Asesor untuk Akreditasi PAUD dan Pendidikan Nonformal

205
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim membuka Pelatihan Calon Asesor ( PCA ) berskala Nasional untuk akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal (BAN PAUD dan PNF), yang diikuti 178 peserta dari 4 Provinsi, di Hotel Horison Bandar Lampung, Kamis (27/6/2019).

Pada kesempatan itu, Wagub Chusnunia menyampaikan harapannya kepada calon asesor untuk mengikuti pelatihan yang sebaik-baiknya agar menjadi asesor yang berkualitas.

Hal ini, menurut Wagub, diperlukan untuk menjamin terlaksananya akreditasi yang berkualitas dan sesuai dengan kebijakan BAN PAUD dan PNF.

“Pembangunan dunia pendidikan khususnya PAUD merupakan salah satu program prioritas saya dan Pak Gubernur. Ini sebagai pondasi awal program penguatan pendidikan karakter,” ujar Wagub Chusnunia.

Keberadaan PAUD yang berkualitas, lanjut Wagub, harus terstandar dan terakreditasi. Hal itu sangat penting untuk mewujudkan “Rakyat Lampung Berjaya,” ujarnya.

Wagub juga berharap kepada calon asesor dapat melaksanakan proses akreditasi PAUD dan PNF, termasuk visitasi serta validasi dan verifikasi, dengan hati nurani. Juga mengabdi untuk kemajuan dunia Pendidikan demi menyiapkan masa depan generasi penerus pembangunan.

”Ketika kita bekerja dengan hati maka kita akan melebur dengan pekerjaan kita. Dan Otomatis hati dan pikiran kita akan menuntun kita untuk melaksanakan tugas lebih konstruktif,” ujar Chusnunia.

Wagub juga menambahkan kerja asesor adalah ibadah. Juga harus dapat mengimplementasikan idealisme untuk kepentingan masyarakat.

“Selain itu, menyiapkan lembaga pendidikan seperti wadah bagi anak – anak kandung kita untuk mengukir masadepan kita semua”, tutur Wagub.

Terpilihnya Provinsi Lampung untuk melakukan pelatihan berskala nasional ini karena Lampung dinilai berhasil dalam kinerja dan telah meraih penghargaan dari Badan Akreditasi Nasional PAUD dan Pendidikan Nonformal (BAN PAUD dan PNF) tahun 2017.

Sementara itu, Ketua Badan Akreditasi Provinsi (BAP) PAUD dan PNF Lampung Betti Nuraini menjelaskan PCA kali ini menghadirkan narasumber dari pusat yaitu Sekretaris BAN PAUD dan PNF Pusat Irma Yuliantina, Anggota BAN PAUD dan PNF Pusat Bahruddin.

Pelatihan diikuti 178 peserta yang berasal dari Lampung (93 peserta), Jambi (45 peserta), Bengkulu (20 peserta), dan Sumatera Selatan (20 peserta). Pelatihan terdiri dari: PAUD (129 orang), PKBM (34 orang) dan LKP (15 orang). Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Pusat.

“Pusat telah memberikan kepercayaan kepada Provinsi Lampung dan berkomitmen mendukung penuh untuk mengakreditasi lembaga – lemabaga Pendidikan khususnya PAUD di Provinsi Lampung. Bahkan, tidak hanya sebatas PCA, tapi juga Pelatihan Refreshment Asesor (PRA) untuk menyegarkan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan asesor PAUD dan PNF Provinsi Lampung,” kata Betti.

Keberhasilan BAN PAUD dan PNF Provinsi Lampung juga sangat bergantung dengan dukungan berbagai OPD terkait, terutama dalam sosialisasi kepada lembaga – lembaga pendidikan untuk berperan dan berpartisipasi aktif dalam program akreditasi lembaga pendidikan yang berkualitas dan terstandar.

Loading...