Beranda News Pusiban Wagub Lampung Ikuti Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional Secara Virtual

Wagub Lampung Ikuti Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional Secara Virtual

182
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim mengikuti Upacara Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2020 secara virtual bersama Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin di Aula Atmani Wedhana, BNNP Lampung, Teluk Betung, Jumat (26/6/2020).

Pada kesempatan Wapres Ma’ruf Amin menyampaikan peringatan HANI tahun 2020 ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena adanya pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia dan seluruh dunia.

“Peringatan HANI tahun 2020 diselenggarakan dengan menggunakan teknologi secara virtual, namun tidak mengurangi kekhidmatan dan tujuan mulia dalam memberantas narkoba di Indonesia,” ujar Wapres, dalam peringatan bertema “Hidup 100% di Era New Normal Sadar, Sehat, Produktif dan Bahagia Tanpa Narkoba” itu.

Wapres mengingatkan generasi muda akan menjadi pemimpin masa depan. Oleh sebab itu, harus bebas dari narkoba. Apalagi, ke depan Indonesia akan memasuki era bonus demografi di mana generasi muda ini akan menjadi pemimpin di masa depan.

“Indonesia, pada sisi lain sedang memasuki gerbang bonus demografi. Generasi milenial pada dekade mendatang akan muncul sebagai pengganti generasi saat ini, Untuk itu mereka harus sehat produktif dan hidup bahagia tanpa narkoba,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BNN Heru Winarko memaparkan strategi yang dilakukan BNN dalam memerangi narkoba di Tanah Air. Seperti melakukan aktivitas yang memperlambat peredaran narkoba.

Langkah strategis yang dilakukan BNN dilakukan melalui strategi demand reduction yang merupakan aktivitas pencegahan agar masyarakat memiliki ketahanan diri dan imun terhadap penyalahgunaan narkotika.

“BNN juga melakukan aspek penegakan hukum yang tegas bagi sindikat pengedar narkotika, upaya rehabilitasi ini juga dilakukan untuk para pengguna narkoba,” ujarnya.

Heru menambahkan, BNN juga melakukan upaya rehabilitasi bagi para pecandu dan penyalahgunaan narkotika sebagai bentuk konkret yang telah dilaksanakan dalam menunjang kepercayaan dari masyarakat.

Dalam peringatan HANI tahun 2020, BNN bekerjasama dengan Slank, Kompas TV, Pos Kota, dan lainnya.

“Dengan diadakannya Konser Slank BNN Republik Indonesia mulai memperkenalkan tagline baru, yaitu HIDUP 100%.Hasil penggalangan dana dari konser tersebut didonasikan untuk penanganan dampak COVID-19,“ kata Heru.

Usai acara, Wagub Nunik mengatakan bahwa Hidup 100% yang disampaikan oleh BNN ini bermakna sadar, sehat, produktif, dan bahagia tanpa narkoba.

Menurutnya, Pemerintah Provinsi Lampung akan bekerja sama dengan BNN untuk memerangi narkoba. Dengan demikian, generasi muda bisa selamat dari kejahatan narkoba.

“Mari kita bersama-sama menyelamatkan generasi masa depan. Menyelamatkan anak cucu kita. Menyelamatkan bangsa Indonesia dari kejahatan narkoba,” kata Nunik.

Loading...