Beranda News Lingkungan Wagub: Pengelolaan Lingkungan Hidup Harus Berdasarkan UUD 1945

Wagub: Pengelolaan Lingkungan Hidup Harus Berdasarkan UUD 1945

164
BERBAGI

Wagub Lampung Bachtiar Basri

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com– Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri mengatakan pengelolaan dan pengusahaan lingkungan hidup  melalui berbagai pogram dan kegiatannya harus berlandasan prinsip perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, sebagai mana amanat pasal 28 UUD 1945.

“Yakni setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan. Berkaitan dengan itu, lingkungan hidup harus menjadi garda terdepan dalam setiap proses pembangunan di Provinsi Lampung, tidak lagi pada posisi marjinal atau sebagai pelengkap administrasi belaka,” kata Wagub Bachtiar Basri saat memberikan sambutan pada upacara Peringatan Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia Tahun 2015 Tingkat Provinsi Lampung diperingati di Lapangan KORPRI Kompleks Pemprov Lampung, Senin (8/6/2015).

Pada upacara yang diikuti  Forkorpimda dan unsur Satuan Kerja Perangkat Daerah di Pemerintah Provinsi Lampung itu Wagub Bachtiar Basri mengaku yakin dan percaya, para bupati dan walikota se- Provinsi Lampung sependapat bahwa institusi lingkungan hidup di daerahnya masing-masing harus semakin diperkuat,  diberdayakan, dan  diakui.

“Untuk itu peran dan fungsi badan atau kantor lingkungan hidup, baik pada Pemerintahan Provinsi atau pemerintah Kabupaten/Kota, harus lebih berkembang dan semakin mumpini, mampu menjawab dan menyelesaikan berbagai persoalan maupun permasalahan lingkungan hidup yang muncul di berbagai daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung,” katanya.

Mengutip  situs resminya UNEP, Wagub mengatakan pada tahun 2050 jumlah penduduk di dunia mencapai 7 miliar jiwa. Apabila masih mempertahankan pola konsumsi yang sama seperti saat-saat ini, maka dibutuhkan “3 bumi” untuk dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan penduduk dunia.

“Oleh karena itu, kita sebagai penduduk bumi dituntut untuk merubah pola konsumsi yang lebih peduli lingkungan dan berkelanjutan, dan merubah diri dalam menggunakan sumber daya yang ada di bumi ini, terutama di Bumi Lampung Sai Bumi Ruwai Jurai,” kata Wagub.

Wagub Bachtiar Basri mengajak seluruh warga masyarakat Provinsi Lampung agar secara terus menerus meningkatkan kepedulian dan usaha bersama untuk melestarikan lingkungan hidup, dalam rangka terwujudnya misi Provinsi Lampung Sejahtera 2015-2019.

Loading...