Beranda News Pusiban Wagub: Tiga Jembatan Timbang di Lampung Ilegal

Wagub: Tiga Jembatan Timbang di Lampung Ilegal

31
BERBAGI
Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com — Tiga jembatan timbang yang selama ini beroperasi di Lampung dinyatakan ilegal. Tga jembatan timbamg itu adalah jembatan timbang di Wayurang (Lampung Selatan), jembatan timbang di Blambanganumpu (Kabupaten Way Kanan) dan jembatan timbang yang ada di Pematang Panggang (Kabupaten Mesuji).

“Secara teknis pengoperasian tersebut merupakan kewenangan Dinas Perhubungan (Dishub). Jika Dishub tidak mengeluarkan izin membuka jembatan timbang tersebut, maka melanggar peraturan gubernur (Pergub). Kalau belum ada perintah dari Dishub, itu nggak benar. Itu ilegal,” kata Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basr,  usai menghadiri Hari Kesatuan Gerak PKK ke-43 di Balai Keratun Bandarlampung, Kamis (5/3).

Menurut Wagub,  seharusnya UPTD Bina Sistem Operasional Teknis (BOST) jembatan timbang memiliki surat izin terlebih dahulu sebelum mengoperasikan jembatan pembatas muatan angkutan kendaraan itu.

“Seharusnya semua kegiatan di bawah itu harus ada surat tugas dahulu dari atasannya. Kalau bekerja sendiri tanpa perintah berarti mengangkangi atasan,” terang dia.

Untuk itu, Wagub  meminta Dishub Lampung segera turun tangan untuk melakukan pengecekan di lapangan serta menindak tegas oknum yang mengoperasikan jembatan timbang tersebut.

“Kami minta, kalau memang belum ada izin dari Dishub ditutup kembali. Pengoperasian itu artinya ilegal. Kan tidak mungkin operasi tanpa izin,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Arinal Djunaidi menegaskan bahwa Gubernur M Ridho Ficardo sudah memerintahkan jembatan timbang ditutup. Tiga jembatan itu tidak diperlukan lagi untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Pengoperasiaan jembatan timbang itu resikonya besar. Itu diperlukan untuk batasi berat kendaraan yang melintas. Penjarakan saja yang membuka itu, karena sudah melanggar aturan dan perintah gubernur,” tandasnya.

Ariftama