Beranda Pendidikan Wagub Tinjau SMKN I Bandarlampung , Wakil Provinsi di Ajang Sekolah Sehat...

Wagub Tinjau SMKN I Bandarlampung , Wakil Provinsi di Ajang Sekolah Sehat Nasional

33
BERBAGI
Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri saat mengunjungi SMKN I Bandarlampung, Rabu (27/4/2015)

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com–Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri kembali mengunjungi salah satu sekolah peserta Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional, Rabu (27/4). Kali ini Wagub beserta rombongan mengunjungi SMKN 1 Bandar Lampung. Sekolah ini berdasarkan penilaian tanggal 18 Mei lalu diajukan guna mewakili Provinsi Lampung di ajang Nasional.

Pembina UKS Pusat akan melaksanakan penilaian pada tanggal 16 sampai dengan 20 Mei 2016 di 4 (Empat) Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung yang telah lulus seleksi administrasi.

Di SMKN 1 Bandar Lampung Wakil Gubernur Bachtiar Basri, Asisten Bidang Kesra Ellya Muchtar beserta rombongan diterima oleh Kepala SMKN 1 Bandar Lampung Hj. Mike Elly Rose beserta jajaran. Dalam kesempatan tersebut Wakil Gubernur meninjau fisik sekolah berupa Ruang Kepala Sekolah, Ruang Dewan Guru, Kamar Mandi/WC, Ruang Kelas, Ruang UKS, Kantin, Ruang Ibadah/Mushola,  Perpustakaan. Selain itu sarana ruang UKS dan ketersediaan obat, rasio WC laki-laki dan wanita, serta tempat pembuangan sampah sementara. “Untuk rasio WC, laki-laki 1 :40 dan wanita 1 : 20. Sedangkan tempat pembuangan sampah sementara harus tertutup minmal 2 jenis. Untuk tempat cuci tangan di setiap kelas harus dilengkapi sabun cair dan lap bersih,” ujar wagub mengingatkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam penilaian.

Wagub juga melihat langsung ketersediaaan penerapan kawasan tanpa rokok dan papan tulisan bebas asap rokok. Wagub meninjau juga selokan, termasuk tidak ada jentik nyamuk, sampah, sawang atau debu.

“Yang harus diperhatikan juga semua bangunan tidak boleh ada coret-coretan, dinding tidak lembab, bau, atap tidak bocor, pencahayaan terang dan sampah,” ujar Wagub.

Sementara itu Asisten Bidang Kesra meninjau kantin sekolah dan dapur di SMKN 1 Bandar Lampung. Asisten mengingatkan agar makanan yang disajikan adalah makanan sehat. Baik dari pengolahannya maupun kebersihannya. “Saya ingatkan agar masakan yang disajikan bebas dari pewarna, perasa maupun pengawet buatan,” kata Ellya Muchtar.

Tim penilaian berasal dari 4 (empat) kementerian sesuai dengan Peraturan Bersama (PB) yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Agama dan Kementerian Dalam Negeri.

Tahun ini, selain SMKN 1 Bandar Lampung, sekolah lain yang mengikuti lomba UKS Tingkat Nasional yaitu PAUD Tunas Ceria Tanjung Bintang Lampung Selatan, SDN 1 Gunung Madu Terusan Nunyai Lampung Tengah dan SMPN 1 Metro.