Beranda News Wakil Ketua KI Lampung Raih Gelar Doktor Politik Islam dari UIN Syahid

Wakil Ketua KI Lampung Raih Gelar Doktor Politik Islam dari UIN Syahid

58
BERBAGI
As'ad Muzzamil (tengah) bersama tim penguji disertasinya. (Foto: Istimewa)

TERASLAMPUNG.COM — Wakil Ketua Komisi Informasi Lampung, As’ad Muzzammil, S.Ag., S.Hum., M.H., hari ini (11/8/2016) resmi menyandang gelar doktor politik Islam setelah berhasil mempertahankan disertasi dalam Ujian Promosi Doktor yang digelar UIN Syarif Hidayatullah (Syahid) Jakarta dengan predikat sangat memuaskan. As’ad tercatat sebagai Doktor UIN Syarif Hidayatullah yang ke 1.002.

Dalam disertasinya mantan Ketua KPU Bandarlampung itu mengangkat tema “Politik Identitas dan Gerakan Sosial Islam di Indonesia”. As’ad menyoroti maraknya politik identitas yang diimplementasikan secara tidak proporsional oleh beberapa gerakan sosial Islam di Indonesia.

Bertindak sebagai Tim Penguji adalah Prof. Dr. Masykuri Abdillah; Prof. Dr. Zainun Kamaluddin Fakih, MA; Prof. Dr. Sukron Kamil, MA; Prof. Dr. M. Atho Mudzhar, MSPD; Prof. Dr. Murodi, MA.

Dalam disertasinya As’ad menekankan pentingnya kearifan dalam mengelola identitas khususnya yang berbasis SARA krn pengarusutamaan pada identitas tertentu berpotensi menyulut konflik dan distegritas di tengah kemajemukan bangsa Indonesia.

Sementara itu dalam pesannya Direktur Pascasarjana UIN Jakarta sekaligus Ketua Sidang Promosi mengharapkan gelar doktor yg disandang oleh promovendus bisa memberi nilai tambah dan mewarnai khazanah perpolitikan Islam di tanah air.

Loading...