Beranda Hukum Wakil Ketua KPK Tegaskan Pentingnya Kerjasama Antar-Penegak Hukum

Wakil Ketua KPK Tegaskan Pentingnya Kerjasama Antar-Penegak Hukum

215
BERBAGI
Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan (keempat dari kiri) pada acara Pelatihan Bersama Peningkatan Kapasitas Aparat Penegak Hukum dalam Penanganan Tindak Pidana Korupsi Wilayah Hukum Provinsi Lampung, di Bandarlampung, Senin (8/10/2018).

TERASLAMPUNG.COM — Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan menegaskan pentingnya kerjasama antarpenegak hukum serta pentingnya peningkatan kapasitas dalam penanganan tindak pidana korupsi.

“Dalam pelatihan ini kita harapkan adanya kesamaan persepsi atau operasional dalam penanganan tindak pidana korupsi ada kejaksaan dan kepolisian supaya tidak terjadi bolak-balik dalam hal penuntutan kasus korupsi di Lampung,” jelasnya kepada media di acara Pelatihan Bersama Peningkatan Kapasitas Aparat Penegak Hukum dalam Penanganan Tindak Pidana Korupsi Wilayah Hukum Provinsi Lampung, di Bandarlampung, Senin 8 Oktober 2018.

Menurut  Basaria Panjaitan pelatihan semacam ini  sudah berjalan di tiga provinsi yaitu Kalba, Sulteng, dan Lampung.

“Pada setiap pelatihan aparat penegak hukum bertemu berkumpul saling kenal sehingga terjalin sinergitas,” katanya.

Pelatihan bersama penegak hukum di Lampung itu menurut wakil ketua KPK materinya antara lain tentang potensi tindak pidana korupsi sektor pertambangan, perdagangan internasional, kehutanan dan perkebunan serta titik rawan korupsi dalam pengadaan barang dan jasa, pemahaman audit investigatif, audit forensik dan penghitungan kerugian keuangan negara.

“Kami (KPK) sejak tahun 2012 sudah melaksanakan pelatihan bersama tingkat teknis di 24 provinsi dengan total jumlah peserta 3.960 orang, komposisinya 1.533 penuntut umum, 1.704 penyidik kepolisian, 235 auditor Kantor Perwakilan BPK, 125 auditor Kantor Perwakilan BPKP, 6 orang penyidik PNS OJK, 10 dari PPATK, 125 penyidik POM TNI dan terakhir 34 orang Oditur Militer,” kata Basaria Panjaitan.

Turut hadir dalam pelatihan tersebut, Sesjampidsus Fadil Jumhana, Kepala PPATK Ki Agus Ahmad Badarudin, Kabareskrim Komjen Pol Arief Sulistyanto.

Dandy Ibrahim

Loading...