Wakil Tulangbawang Juara Lomba Teknologi Tepat Guna Nasional

  • Bagikan

TERASLAMPUNG.COM — Bupati Tulangbawang, Winarti, beserta peserta dari Kabupaten Tulang Bawang menerima penghargaan pemenang Lomba Gelar Teknologi Tepat Guna Tingkat Nasional dari Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi, Dr. (H.C) Drs. Abdul Halim Iskandar M,Pd, pada acara puncak Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XXII, di Jakarta,  Senin (20/9/2021).

Dalam hal ini, Tulangbawang meraih  juara III dalam kategori Teknolgi Tepat Guna Unggulan Tahun 2021 atas nama  Nurhadi dari Desa Batang Hari Kecamatan Rawa Pitu. Nurhadi unggul dengan karya mesin pengolah serba guna.

Bupati Winarti mengatakan, inovasi teknologi tepat guna unggulan yang di konteskan merupakan produk mesin pengolah serga guna (multi-purpose processing machine).

Mesin ini dapat memproses padi hingga siap jual, tidak hanya bulir beras yang dapat diproses namun juga sisa penggilan dapat langsung menjadi serbuk dedak halus yang siap jadi pakan unggas. Kedepannya, diharapkan agar lebih banyak inovasi-inovasi yang hadir di Kabupaten Tulangbawang khususnya berjaya di tingkat nasional.

Dalam sambutannya, Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar menjelaskan Pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa membutuhkan fokus serta penanganan lengkap dan terintegrasi berdasarkan kebutuhan warga desa berbasis data mikro yang dikumpulkan oleh desa.

“Ini selalu saya tegaskan dimana-mana, karena penyelesaian masalah yang paling mudah adalah pemetaan pada basis mikro. Kalau kita tau data secara mikro, masalah secara mikro, maka penanganannya juga pasti lebih sederhana daripada datanya makro,” ujar Gus Halim.

Untuk itulah Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, Lanjut Gus Halim, sejak tahun 2021 ini menggunakan SDGs Desa sebagai upaya terpadu percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan seperti diatur dalam peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

“SDGs Desa Pembangunan desa, berjalan diatas prinsip No One Left Behind, tidak ada satupun warga yang terlewatkan. Karena keadilan kebersamaan di dalam upaya membangun desa kita upayakan terus tanpa menyisakan satupun warga yang tidak merasakan dampak pembangunan,” ujarnya.

ADVETORIAL

  • Bagikan