Beranda Ruwa Jurai Bandarlampung Wakil Walikota Jambi Belajar Tingkatkan PAD dari Pemkot Bandarlampung

Wakil Walikota Jambi Belajar Tingkatkan PAD dari Pemkot Bandarlampung

216
BERBAGI
Wakil Walikota Jambi Maulana saat melakukan kunjungan kerja ke Pemkot Bandarlampung, Rabu, 19 Juni 2019.
Wakil Walikota Jambi Maulana saat melakukan kunjungan kerja ke Pemkot Bandarlampung, Rabu, 19 Juni 2019.

TERASLAMPUNG.COM — Wakil Walikota Jambi Maulana mengapresiasi peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Bandarlampung serta program unggulan lainnya yang diluncurkan Walikota Herman HN.

“Apa yg dilakukan oleh Pemkot Bandarlampung banyak kesamaan dengan kami. Yang kami kagumi bagaimana upaya Pak Walikota Bandarlampung meningkatkan PAD, karena sumber pembangunan adalah PAD itu sendiri. Dari Rp. 80 miliar menjadi Rp 1 triliun.”

“Sementara Kota Jambi dari Rp. 120 Milyar baru naik menjadi Rp. 360 milyar dan tadi kami tadi mendapat gambaran bagaimana meningkatkan PAD itu,” jelas Maulana usai kunjungan kerjanya dalam rangka mempelajari strategi Peningkatan dan pengembangan kapasitas menunjang kinerja kepala daerah Rabu (19/6) di ruang rapat walikota.

Selain peningkatan PAD, Maulana juga mengaku mendapat tambahan pengetahuan tenang bantuan pemdidikan oleh Pemkot Bandarlampung yang bisa sampai universitas.

“Kami juga tertarik dengan kebijakan walikota untuk menggratiskan biaya pendidikan yang selama ini di Jambi juga melakukan, tapi untuk tingkat SLTA dan perguruan tinggi belum kami lakukan karena kewenangannya itu ada di propinsi tapi di sini (Bandarlampung) bisa membuat Perda untuk hal itu,” ujarnya.

Wakil Walikota Jambi Maulana juga mengapresiasi program kesehatan gratis yang juga merupakan program unggulan Walikota Herman HN dimana warga yang sakit akan dirawat di rumah sakit secara gratis untuk kelas III.

“Kami masih kerjasama dengan BPJS sesuai dengan aturan yaitu Universal Health Caverage, tetapi di sini dikelola secara universal dan dikelola secara mandiri,” jelasnya.

Setelah mendapat masukan tentang keberhasilan Kota Bandarlampung di bidang peningkatan PAD, pendidikan, kesehatan. Rencananya Maulana akan mengirimkan timnya untuk mempelajari secara tehnis keberhasilan tersebut.

“Setelah dari sini, kami akan membahasnya tentu ada poin-poin penting nanti yang akan digali. Nanti setelah itu kami akan mengirimkan tim yang lebih fokus dan kunkernya lebih tehnis,” jelasnya

Sebelumnya Wakil Walikota Jambi beserta jajarannya diterima oleh Sekdakot Badri Tamam serta beberapa kepala SKPD dan Ketua PKK Eva Dwiyana.

Badri tamam mempresentasikan peningkatan PAD Kota Bandarlampung serta program-program lainnya seperti kesehatan dan pendidikan.

“Walikota Herman HN itu mantan Karo Keuangan dan Kepala Dispenda Provinsi Lampung untuk meningkatkan PAD beliau melakukan sinergi untuk menjadikan kota ini menjadi kota jasa dan perdagangan.”

“untuk meningkatkan PAD kita mulai penataan NJOP PBB karena ini sudah lama tidak pernah berubah, dari PBB saja sebelumnya hanya Rp 40 miliar sekarang naik menjadi Rp200 miliar. Masukan lainnya dari pajak rumah makan dan hiburan apa lagi dengan telah dipasangnya tipping box,” jelas Badri Tamam.

Dandy Ibrahim