Walikota Bandarlampung Hadiri Penyerahan DIPA 2022

Bagikan/Suka/Tweet:

TERASLAMPUNG.COM — Walikota Bandar Lampung menghadiri penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) dilanjutkan dengan rapat koordinasi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) menghadapi Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 oleh Pemerintah Provinsi Lampung di Ballroom Novotel, Bandar Lampung, Rabu (1/12/2021) pagi.

Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) secara simbolis diberikan Gubernur Provinsi Lampung didampingi Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Lampung kepada pimpinan daerah kabupaten/kota di Provinsi Lampung.

Tema kebijakan fiskal APBN tahun 2022, yaitu Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural. Kondisi perekonomian di tahun 2022 akan dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain keberhasilan penanganan Covid-19, pulihnya konsumsi masyarakat, implementasi reformasi struktural, dan prospek pertumbuhan ekonomi global.

Dalam sambutannya, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Lampung menyampaikan bahwa alokasi APBN untuk Provinsi Lampung dari DIPA K/L dan TKDD yang berjumlah Rp29,43 triliun merupakan tantangan tersendiri bagi pengelola keuangan, yang harus dimanfaatkan secara optimal dalam menjawab tantangan perekonomian Lampung di Tahun 2022, terutama di masa pandemi COVID-19 ini.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Lampung juga menyampaikan bahwa tahun 2022, Pemerintah memproyeksikan pertumbuhan ekonomi pada tingkat 4,7-5,5 persen. Meskipun proyeksi perekonomian domestik membaik, kita harus terus waspada karena risiko ketidakpastian masih tinggi. Keberhasilan dalam mengendalikan pandemi akan menjadi faktor penting dalam menentukan akselerasi pemulihan ekonomi tahun 2022.