Walikota Eva Dwiana Buka MTQ ke-35 Bandarlampung

Walikota Eva Dwiana memukul beduk tanda dibukanya MTQ Ke-53 Kota Bandarlampung.
Walikota Eva Dwiana memukul beduk tanda dibukanya MTQ Ke-53 Kota Bandarlampung.
Bagikan/Suka/Tweet:

TERASLAMPUNG.COM — Walikota Eva Dwiana membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-53 yang diikuti 20 kecamatan yang ada di Kota Bandarlampung, di Stadion Way Dadi, Senin malam 27 Mei 2024.

Dalam sambutannya Eva Dwiana mengatakan MTQ Ke-53 bertujuan untuk lebih meningkatkan pemahaman dan kecintaan umat Islam kepada Al-Qur’an.

“Sekaligus membangun habluminannas dalam hidup dan kehidupan bermasyarakat dan beragama. Juga menjadi momentum untuk memperteguh ukhuwah Islamiyah, basyariah dan wathoniah,” katanya.

Walikota Eva Dwiana meminta MTQ Tingkat Kota Bandarlampung bukan sekedar budaya seremonial yang bernuansa keagamaan saja.

“Harapan saya pada MTQ ini menjadi sarana muhasabah dan muraqabah bagi setiap kaum muslimin dalam menjalankan ibadah sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan hadits,” pintanya.

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Lampung Qudrotul Ichwan mengajak MTQ Ke-53 dijadikan momentum untuk mengambil pelajaran, memperdalam pemahaman ajaran Al-Qur’an serta memperbaiki diri menuju ke arah yang lebih baik.

“Setiap muslim harus menjadi pribadi unggul yang menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan, sehingga dapat memberikan kemaslahatan bagi masyarakat. Ilmu pengetahuan merupakan identitas generasi Qur’ani. Saya berharap generasi muda muslim mempunyai identitas tersebut, khususnya generasi muda Kota Bandarlampung,” katanya.

Qudrotul Ichwan berpesan kepada para peserta MTQ untuk tidak hanya mengejar kemenangan saja akan tetapi lebih kepada upaya memupuk motivasi dan keinginan yang kuat untuk menguasai ilmu-ilmu keagamaan.

“Saya berharap, nilai-nilai silaturahmi dan kebersamaan yang tercipta antar-kafilah di arena MTQ ini akan mengalahkan semangat berlomba untuk menjadi juara. Mari kita jadikan Musabaqah ini sebagai wahana untuk menumbuhkan ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah insaniyah,” ujara Qudrotul Ichwan yang juga Penjabat Bupati Tulangbawang itu.

MTQ Ke-53 diikuti oleh 303 orang kafilah dan akan mengikuti sembilan cabang yang dilombakan yaitu :

Tilawatil Qur’an, Qiroah Al Qur’an, Hifzil Qur’an dibagi dua mimbar, Tafsir Qur’an ,Fahmil Qur’an, Syarhil Qur’an, Khattil Qur’an dan hafalan hadis.

Dandy Ibrahim