Walikota Eva Dwiana Serahkan Bantuan Asuransi Kecelakaan Kerja kepada 200 Nelayan dan Pedagang Ikan

Walikota Eva Dwiana menyerahkan secara simbolis bantuan asuransi kecelakaan kerja kepada salah seorang pedagang ikan.
Walikota Eva Dwiana menyerahkan secara simbolis bantuan asuransi kecelakaan kerja kepada salah seorang pedagang ikan.
Bagikan/Suka/Tweet:

TERASLAMPUNG.COM — Walikota Bandarlampung Eva Dwiana menyerahkan bantuan asuransi kecelakaan kerja bagi 200 orang nelayan, pengolah dan pemasaran ikan di Kota Bandarlampung. Asuransi 200 nelayan itu  biaya premi awalnya dibayarkan oleh Rumah Sakit (RS) Emanuel dan Urip Sumoharjo Bandarlampung.

“Setelah punya alat keselamatan kerja harapan saya para nelayan akan dapat menjaga diri selama melakukan penangkapan ikan di laut. Selain itu, program jaminan asuransi bagi nelayan ini merupakan salah satu program prioritas dari Pemkot,” kata Eva Dwiana, Jumat (20/10/2023).

Kepala Dinas Kelautan dan Kelautan Erwin menjelaskan,  pemberian asuransi kepada pelaku usaha perikanan ini karena profesi nelayan memiliki resiko tinggi apalagi jika cuaca buruk.

“Kalau cuaca buruk, risikonya tinggi. Bahkan bertaruhkan nyawa. Jika terjadi hal buruk seperti meninggal dunia, nelayan akan mendapatkan santunan sebesar Rp70 juta, kecelakaan kerja mendapat santunan Rp68 juta dan kalau kematian biasa yang bukan kecelakaan kerja tetap mendapatkan santunan sebesar Rp42 juta,” jelasnya.

Menurut Erwin,  Pemkot Bandarlampung sudah menyerahkan bantuan asuransi kecelakaan kerja bagi pelaku usaha perikanan sebanyak 1.500 orang lebih.

“Alhamdulillah kami sudah bisa memberikan bantuan asuransi sebanyak 1.500 lebih dengan harapan mereka (nelayan) karena ada perlindungan bekerjanya lebih nyaman. Bantuan asuransi ini stimulan, harapannya pelaku usaha perikanan akan terus menjadi peserta asuransi kecelakaan kerja dengan hanya membayar Rp216 ribu/tahun,” katanya.

DandyIbrahim