Walikota Herman HN Ganti Nama Jl. Perintis Kemerdekaan Menjadi Jl. H.M.Thabrani Daud

Walikota Herman HN didampingi mantan Walikota Bandarlampung Thabranie Daud (berpeci) meresmikan jalan layang ruas Jl Ir Juanda-Jl Gajahmada, 31 Desember 2013 lalu.
Bagikan/Suka/Tweet:

TERASLAMPUNG.COM — Untuk memuliakan tokoh yang berjasa membangun Kota Bandarlampung, Walikota Herman HN mengubah nama  Jalan Perintis Kemerdekaan di wilayah Kotabaru, Tanjungkarang Timur, menjadi Jalan H.M. Thabranie Daud, Jumat lalu (10/2/2018). Thabranie Daud adalah mantan Walikota Bandarlampung yang dinilai berjasa membangun Kota Bandarlampung pada tahun 1969-1976.

Herman HN mengaku perubahan nama jalan itu tidak tiba-tiba. Nama Thabranie Daud dijadikan nama jalan di Kota Tapis Berseri sebagai bentuk penghargaan kepada tokoh yang telah punya andil besar untuk Lampung.

Menurut Herman,  SK perubahannama jalan tersebut sudah disahkan sejak 2017 lalu.

“Sudah lama, SK-nya dibuat tahun 2017,” kata Herman, Minggu (11/2/2018).

Selain menjabat Walikota Bandarlampung, Thabranie Daud juga dikenal sebagai ulama dan tokoh pendidikan.

“Pak Thabranie Daud punya andil besar dalam pembangunan kota Bandarlampung,” kata Herman HN.

Jasa-jasanya kepada Kota Bandar Lampung saat menjabat Wali Kota Bandar Lampung periode 1969-1976, sudah banyak diketahui publik.

Thabranie lahir 28 Agustus 1927, dan dikenal sebagai tokoh PW NU Lampung.

Sebelum menjadi walikota, Thabranie Daud pernah menjadi Kepala SMAN 2  Tanjungkarang (1965-1969).

Thabranie Daud termasuk tokoh sepuh Lampung yang mendukung Herman HN membangun infratruktur jalan. Hal itu dibuktikan dengan kehadiran ayah politikus Alzier Dianis Thabranie itu pada acara peresmian jembatan layang (fly-over) yang menghubungkan Jl. Ir. Juanda dengan Jl Gajahmada pada 2014 lalu.

TL/ILS