Beranda Ruwa Jurai Bandarlampung Walikota Herman HN Resmikan Anjungan Dukcapil Mandiri

Walikota Herman HN Resmikan Anjungan Dukcapil Mandiri

126
BERBAGI
Walikota Herman HN mencoba Anjungan Mandiri Dukcapil (ADM) yang berada di Gedung Pelayanan Satu Atap.
Walikota Herman HN mencoba Anjungan Mandiri Dukcapil (ADM) yang berada di Gedung Pelayanan Satu Atap Pemkot Bandarlampung, Kamis (3/12/2020).

TERASLAMPUNG.COM — Walikota Herman HN mengharapkan dengan beroperasinya Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) pelayanan dokumen kependudukan kepada masyarakat lebih cepat, akurat dan lancar, Kamis (3/12/2020).

“Setelah alat ini (ADM) beroperasi saya minta pelayanannya lebih cepat dan lancar. Yang juga perlu saya ingatkan kepada masyarakat bahwa semua pelayanan ini tidak dipungut biaya alias gratis,” kata Herman HN pada peresmian ADM di Gedung Satu Atap di lingkungan Pemkot Bandarlampung.

Herman HN mengingatkan staf Disdukcapil Kota Bandarlampung untuk taat protokol kesehatan guna menekan pandemi Covid-19.

“Saya minta para staf Disdukcapil harus pakai sarung tangan, masker juga face Shield untuk mencegah penularan Covid-19,” tegasnya.

Herman HN menjelaskan sejak tahun 2014 hingga kini dia menerapkan kebijakan dokumen kependudukan yang sudah selesai dicetak diantar ke rumah-rumah warga.

“Dari tahun2014 sampai sekarang, dokumen yang sudah selesai cetak kita antarkna ke rumahnya melalui Disdukcapil sebagai koordinatornya bersama Pol PP, kecamatan dan kelurahan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Zainuddin menjelaskan keberadaan ADM sangat tepat ditengah pandemi Covid-19 ini dan menjelang Pilkada serentak 2020.

“Keberadaan ADM sangat cocok untuk menekan pandemi Covid-19 juga percepatan pembuatan e-KTP untuk warga yang yang akan memilih pada Pilkada serentak nanti,” ujarnya.

Zainuddin meminta pelayanan di Disdukcapil diminta oleh Walikota Herman HN untuk memberikan kemudahan juga efektif dan efisien. Dengan adanya alat ADM ini pihaknya bisa lebih cepat dalam melayani pembuatan dokumen kependudukan.

“Sejalan dengan keinginan walikot untuk memberi kemudahan dalam mendapatkan dokumen kependudukan dengan mudah, efektif, dan efisien berupa KK, e-KTP, KIA, dan akta-akta yang diperlukan. Jadi layanan opsional kami menjadi empat bagian,” jelas Zainuddin.

“Masyarakat bisa datang langsung ke loket, kemudian bisa juga menggunakan website kami, berikutnya juga melalui aplikasi WhatsApp dengan nomer 082180852544 dan terakhir melalui Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM),” katanya.

Dandy Ibrahim