Walikota Metro Buka Peringatan Hari Menanam Pohon di Karangrejo

  • Bagikan
Pairin menyerahkan bibit pohon untuk ditanam pada peringatan Hari Menanam Pohon, 13 Desember 2016.

TERASLAMPUNG.COM — Walikota Metro Ahmad Pairin membuka peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon Tahun 2016, di Lapangan Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Metro Utara, Selasa (13/12/16) pagi.

Peringatan Hari Menanam Pohon kali ini mengusung tema “Pohon dan Hutan Rakyat untuk Kehidupan, Kesejahteraan dan Sumber Devisa Negara”.

Walikota Metro Ahmad Pairin dalam sambutannya mengatakan luas lahan kritis di Indonesia tercatat 24,3 juta hektare dan saat ini sebagai lonceng peringatan untuk segera ditangani.

“Oleh karenanya, upaya penanaman pohon menjadi sangat penting untuk kita lakukan bersama di seluruh Indonesia. Menanam pohon merupakan upaya menyelamatkan bumi kita, menjaga keanekaragaman hayati, menghemat dan menumbuhkan mata air yang baru dan sudah pasti memberikan tanduan oksigen bagi kita,” kata Ahmad Pairin.

Ahmad Pairin mengimbau Rektor PTN/PTS dan Kepala Sekolah SD/SMP/SMA untuk selalu mengajak mahasiswanya dan pelajar, untuk menanam dan memlihara pohon minimal 5 batang.

“Dan kami juga telah bekerjasama dengan kantor urusan agama, untuk meminta setiap pasang calon pengantin menanam pohon dan memelihara pohon masing-masing 5 batang. Secara umum, mari kita selamatkan alam dan kehidupan kita. Jadilah Rumah kita hutan kita,” katanya.

Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Yerri Ehwan, dalam sambutannya melaporkan pada 28 November lalu sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI), dan pada bulan Desember sebagai Bulan Menanam Nasional (BMN).

“Tujuan gerakan penanaman pohon dan pemeliharaan yaitu, untuk menumbuh kembangkan budaya cinta dan memelihara pohon, membantu rehabilitas lahan kritis, meningkatkan produktivitas lahan dan ekonomi rakyat, mengembangkan tanaman unggul lokal, serta mendukung pelaksanaan mitigasi berubahan iklim,” kata Yerri.

Yerri menjelaskan bahwa, peringatan hari ini akan mendistribusikan sebanyak 1000 pohon bibit tanaman, yang terdiri dari pohon kayu gaharu, cempaka, jabon, pule, pinang, jambu biji merah, trembesi, bayur, nangka, mangga. Di Kota Metro tercatat sejak tahun 2012-2016 telah menanam 500.241 batang pohon.

“Pada tahun ini, tepatnya pada tanggal 28 November 2016, bertempat di Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu Kabupaten Tuba Jawa Timur, Walikota Metro telah menerima penghargaan sebagai Pemenang Lomba Penanaman dan Pemeliharaan Pohon Tingkat Nasional dengan kategori Kinerja Walikota, yang diserahkan oleh Presiden RI,” jelas Yerri.

 

Kegiatana ini, juga dihadiri Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung, Kepala BPDAS WSS, dan Ketua TP4K Provinsi Lampung atau yang mewakili. Tampak hadir para Asisten, Pimpinan Organisasi Wanita, Kepala SKPD, serta pimpinan Ormas di Kota Metro.

  • Bagikan