Beranda News Pusiban Wantimpres Malik Fajar Minta Kemajuan Lampung Mampu Tingkatkan IPM

Wantimpres Malik Fajar Minta Kemajuan Lampung Mampu Tingkatkan IPM

243
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Anggota Dewan Pertimbangan Presiden RI, Malik Fajar, meminta kemajuan pembangunan di Lampung diharapkan berbanding lurus dengan peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM).

“Pembangunan di Lampung mengalami kemajuan pesat dalam beberapa tahun terahir. Selaras dengan itu saya berharap kemajuan ini didukung pendidikan bermutu dan peningkatan IPM,” kata Malik Fadjar saat berkunjung ke Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri, di Ruang Rapat Wakil Gubernur, Kamis (5/10/2017).

Menteri Pendidikan Nasional Kabinet Gotong Royong (2001—2004) ini, menjelaskan peningkatan IPM dapat ditunjang dengan memaksimalkan fungsi balai latihan kerja (BLK), menggandeng badan sertifikasi, dan pemanfaatan perpustakaan. “Bangsa ini lemah di bidang literasi. Pemerintah Lampung dapat meningkatkan minat baca masyarakat sehingga kemajuan Lampung dapat berangkat dari Lampung, bukan Lampung berangkat dari Jakarta,” kata Malik Fadjar.

Pemerintah Provinsi Lampung dipercaya dan diberi keluasan meningkatkan pembangunan, termasuk membangun sektor pendidikan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

“Lampung lengkap. Banyak perguruan tinggi. Ini menempatkan Lampung sebagai provinsi yang berpotensi dan memiliki posisi tawar di Sumatera dan nasional. Di bidang olah raga Lampung diakui sebagai pemasok atlet angkat besi,” kata Malik Fadjar yang juga Menteri Agama Kabinet Reformasi Pembangunan (1998—1999) itu.

Wakil Gubernur Bachtiar Basri mengharapkan kehadiran Wantimpres dapat membantu Lampung lebih berkembang.

“Sebagai pintu gerbang Sumatera, Lampung memiliki banyak potensi. Di antaranya pariwisata seperti Tanjung Setia sebagai lokasi surfing terbaik nomor empat dunia. Selain itu, pantai timur dan pantai barat serta Taman Nasional Way Kambas. Lampung menjadi alternatif sebagai ibu kota Negara Indonesia dengan potensi yang besar untuk dikembangkan dan masih membutuhkan perhatian pemerintah pusat lebih intens,” kata Wagub Bachtiar.