Beranda News Lingkungan Wapres Boediono akan Buka World Coral Reef Conference di Manado

Wapres Boediono akan Buka World Coral Reef Conference di Manado

185
BERBAGI

JAKARTA, Teraslampung.com – Wakil Presiden Boediono dijadwalkan membuka Worl Coral Reef Conference (WCRC), di Manado, Sulawesi Utara, Jumat (16/5) pukul 09.00 WITA. Pada kesempatan tersebut Wapres akan didamping beberapa menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II di antaranya  Menko Kesra Agung Laksono dan Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutarjo.

Selain WCRC, di Manado juga diselenggarakan Pertemuan Khusus Tingkat Pejabat Senior (Special Senior Official Meeting/Special SOM) CTI-CFF. Dengan forum itu diharapkan para pejabat senior negara-negara anggota Coral Triangle Initiative for Corals, Fisheries and Food Security (CTI-CFF) makin kuat komitmennya untuk bekerja sama menyelamatkan dan menjaga ekosistem terumbu karang serta ekosistem terkait lainnya.

Menurut Executive Secretary National Coordinating Committee (NCC), Sudirman Saad, mereka telah sepakat untuk meningkatkan kerja sama pengintegrasian wilayah konservasi laut dan pesisir di kawasan segitiga terumbu karang bagi kesejahteraan masyarakat.

“Kerja sama yang baik antara CTI-CFF bersama mitra kerjanya dapat menentukan langkah lebih lanjut dalam mengintegrasikan wilayah konservasi laut. Khususnya dalam menciptakan pengelolaan dan perlindungan kawasan laut dan pesisir yang lebih baik untuk kesejahteraan masyarakat,” jelas Sudirman di sela Pertemuan Khusus Tingkat Pejabat Senior (Special Senior Official Meeting/Special SOM) CTI-CFF di Manado.

Berdasarkan komitmen Indonesia yang menjadi tuan rumah Special SOM telah diwujudkan juga melalui Ratifikasi Persetujuan tentang Pembentukan Sekretariat Daerah CTI-CFF yang telah ditandatangani oleh Presiden RI pada Maret 2014 lalu.

Pertemuan Special SOM dipimpin Datok Rosli bin Muhamed selaku Ketua CTI Council of Senior Official. Datok menyatakan keinginan bersama untuk mengelola secara berkelanjutan daerah pesisir dan sumberdaya kelautan bagi generasi saat ini dan mendatang. Selain itu, keuntungan kawasan perairan bersama diakui tidak hanya untuk negara CTI, namun mencakup seluruh pelosok dunia.

Pertemuan khusus tingkat pejabat senior CTI-CFF, digelar selama dua hari pada 14-15 Mei 2014 di Manado dengan agenda utama menyepakati proses ratifikasi pembentukan Sekretariat Daerah CTI-CFF serta finalisasi proses serah terima kepemimpinan CTI COM dari Malaysia ke Papua Nugini.

Loading...