Beranda News Nusantara Warga Karanganyar Tewas karena Gas Beracun di Sumur

Warga Karanganyar Tewas karena Gas Beracun di Sumur

288
BERBAGI
Tim Basarnas Karanganyar mengevakuasi korban dari dalam sumur yang diduga mengandung gas beracun. Foto: Basarnas

TERASLAMPUNG.COM — Joko Purnomo (30), warga Dukuh Sorobaon RT. 01/03 Desa Jati, Kecamatan Jaten, Kabupatena Karanganyar, Jawa Tengah, tewas saat memperbaiki pipa sumur yang mampet, Minggu (5/1/2020). Diduga korban meninggal karena menghirup gas beracun di dalam sumur berkedalaman 15 meter miliknya.

Berdasarkan keterangan dari Aris Sofingi, Kepala Basarnas Jawa Tengah, kejadian bermula saat korban beserta kakak korban, Suroso, pada Minggu (5/1/20) pagi pukul 08.00 WIB hendak memperbaiki aliran air di sumur rumah miliknya yang beralamat di Dukuh Sorobaon RT. 01/03 Desa Jati, Kecamatan Jaten, Kabupatena Karanganyar, Jawa Tengah.

“Jadi saat pompa air dihidupkan, air tidak mau keluar sehingga korban berinisiatif turun kedalam sumur untuk mengecek pipa paralon. Setelah mengecek korban naik lagi keatas dan ditengah-tengah perjalanan naik, tiba-tiba korban tampak lemas dan langsung jatuh ke dalam sumur,” ungkap Aris.

Mengetahui saudaranya terjatuh ke dalam sumur, saksi berusaha untuk menolong dengan turun ke sumur. Namun saat baru turun tiba-tiba saksi naik lagi karena mencium bau gas.

Kemudian saksi melaporkan kejadian tersebut ke SAR Kabupaten Karanganyar yang diteruskan ke Basarnas Pos SAR Surakarta. Selanjutnya tim SAR gabungan segera melakukan evakuasi dengan menggunakan peralatan vertical rescue.

“Korban berhasil dievakuasi oleh tim SAR gabungan pada pukul 10.15 WIB. Dan setelah dilakukan visum ditempat oleh tim Inafis Polres Karanganyar, korban selanjutnya diserahkan ke pihak keluarga,” kata Aris.

TL/Basarnas

Loading...