Beranda News Warga Kesal Para Siswa SMA – SMK Konvoi dan Ugalan-Ugalan di Jalan...

Warga Kesal Para Siswa SMA – SMK Konvoi dan Ugalan-Ugalan di Jalan Saat Rayakan Kelulusan

386
BERBAGI
Para siswa SMKN 3 konvoi di Jl Cut Meutia Bandarlampung untuk merayakan kelulusan Selasa (2/5/2017).

Zainal Asikin|Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG — Cara para siswa SMA dan SMK di Bandarlampung merayakan kelulusan tidak berubah. Mereka tetap melanjutkan cara lama dan cenderung barbar: mencorat-coret baju dengan cat semprot, konvoi beramai-ramai di jalan raya, dan ugalan-ugalan saat menjalankan sepeda motornya.

“Mereka tidak seperti anak sekolah. Seolah-olah jalan milik nenek moyangnya dan pemakai jalan lain disuruh maklum,” kata Syahrudin (50), warga Jalan Pangeran Diponegoro Bandarlampung, Selasa (2/5/2017).

Pantauan teraslampung.com, sejumlah siswa SMA/SMK di Kota Bandarlampung, dengan mengenakan seragam sekolah yang sudah penuh coretan dan semprotan cat pilox, merayakan kelulusan dengan melakukan aksi konvoi dan ugal-ugalan di jalan raya dengan sepeda motor tanpa menggenakan helm, Selasa (2/5/2017) sore sekitar pukul 17.30 WIB.

Para siswa SMK rayakan kelulusan dengan mencorat-coret baju dengan cat semprot, Selasa (2/5/2917).

Para siswa SMA/SMK tersebut, berkonvoi dengan sepeda motor mengelilingi jalan protokol seperti di Jalan Wolter Monginsidi, Telukbetung Utara dan juga di seputaran Stadion Pahoman.

Para siswa tersebut, berkeling dengan kebut-kebutan sembari mengeber-geber gas sepeda motornya. Bahkan beberapa dari mereka, tidak memakai helm sebagai kelengkapan berkendara.
Aksi siswa SMA/SMK Bandarlampung merayakan kelulusan tersebut, sangatlah mengganggu ketertiban umum. Karena warga banyak yang mengeluhkan aksi konvoi dan ugal-ugalan mereka di jalan saat merayakan kelulusan.

Para siswa saling corat-coret seragam sekolah dan berswafoto tepatnya di jalan raya tepatnya di depan lapangan Korpri komplek perkantoran Gubernur Lampung. Aksi mereka tersebut, selain membuat kemacetan arus lalu lintas juga membuat kekesalan pengguna jalan yang akan melintas di jalan tersebut.

“Sudah kebablasan para pelajar ini, merayakan kelulusan kok seperti bukan anak yang berpendidikan. Kalau seperti ini kan mengganggu pengguna jalan, memangnya jalan ini punya nenek moyangnya apa,”kesalnya Obin salah seorang warga Talang, Telukbetung Selatan ini, Selasa (2/5/2017).

Menurutnya, apalagi tidak ada petugas kepolisian, tindakan para siswa yang merayakan kelulusan ini sangatlah mengganggui ketertiban umum. Ia sangat menyangkan, aksi ugal-ugalan di jalan yang dilakukan para siswa tersebut.

“Para pelajar ini tidak memikirkan keselamatannya melakukan aksi ugal-ugalan di jalan. Kalau terjatuh atau tersenggol sepeda motornya dengan kendaraan lain kan fatal, apalagi mereka ini tidak menggunakan helm,”ungkapnya.

Kekesalan lainnya juga dikeluhkan oleh Zah, warga Rajabasa saat melintas di jalan tersebut. Dirinya merasa kesal dan emosi, sebab aksi para siswa SMA yang merayakan kelulusan tersebut tidak memperhatikan para pengguna jalan lainnya.

Gimana nggak kesal dan marah saya mas, mereka (pelajar) ini bawa motor sudah jemping-jemping terus beloknya seenaknya sendiri saja. Kalau ketabrak gimana coba?”ujarnya.

Dikatakannya, semestinya pihak sekolah memberikan arahan kepada siswanya agar tidak merayakan kelulusan dengan melakukan aksi konvoi dan ugal-ugalan di jalan. Karena selain mengganggu ketertiban umum, tapi juga membahayakan nyawanya jika sampai terjadi kecelakaan di jalan.

Wakil ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Bandarlampung, Berchah Pitoewas, menyatangkan  aksi siswa yang turun ke jalan dengan melakukan konvoi. Menurutnya hal itu  mengganggu ketertiban umum dan membahayakan para siswa itu sendiri.

“Kelulusan UN SMA di Bandarlampung, diumumkan melalui website dari satuan pendidikan yang dapat diakses Selasa sore ini. Hal ini agar para siswa, tidak melakukan corat-coret seragam sekolah dan konvoi di jalan,”ujarnya.

Menurutnya, pengumuman kelulusan melalui web sekolah, siswa tinggal memasukkan datanya kemudian hasil kelulusannya dapat diketahui. Namun dirinya belum mengetahui secara pasti tingkat kelulusan siswa SMA di Bandarlampung.

“Untuk sementara ini, kami barulah kantongi data kelulusan siswanya yang di SMA YP Unila saja yang lulus 100 persen,”ungkapnya.

Sementara Djumadi, Ketua MKKS SMK Bandarlampung mengaku pengumuman kelulusan UN untuk siswa SMK di Bandarlampung akan diumumkan melalui website masing-masing sekolah.

“Kami umumkan kelulusan siswa SMK ini, nanti malam jam 23.00 WIB. Hal ini dilakukan, agar para siswa tidak bisa melakukan aksi konvoi di jalan,”terangnya.