Warga Lampung Tengah Keluhkan Infrastruktur Jalan Rusak

  • Bagikan
Jalan rusak di ruas Bandarjaya-Bandar Mataram, Lampung Tengah. (Teraslampung.com/Supriyanto).
Jalan rusak di ruas Bandarjaya-Bandar Mataram, Lampung Tengah. (Teraslampung.com/Supriyanto).

TERASLAMPUNG.COM, TERBANGGI BESAR —  Warga Kampung Karang Endah Kecamatan Terbanggibesar Lampung Tengah mengeluhkan buruknya infrastruktur jalan penghubung dari Bandarjaya menuju Kecamatan Bandar Mataram, Lampung Tengah, atau tepatnya jalan penghubung antara jalan lintas Sumatera Kecamatan Terbanggibesar ke jalan lintas Pantai Timur Kecamatan Bandar Mataram.

Pasalnya, kondisi kerusakan jalan penghubung tersebut sudah sangat parah, sehingga masyarakat harus ekstra hati-hati melintas di jalan yang menjadi tanggugjawab pemerintah Provinsi Lampung tersebut.

Naryo ( 50) warga desa setempat mengatakan, semenjak jalan lintas pantai Timur difungsikan, jalan yang menghubungkan antara Bandarjaya –Bandar Mataram mengalami kerusakan cukup parah. Karena, setiap hari bisa ratusan dum truk bermuatan penuh melintas di jalan tersebut. Sementera kerusakan yang terjadi tidak diperbaiki dengan serius, sehingga walaupun ada perbaikan kerusakan jalan masih dirasakan diman-mana.

”Dulu sebelum ada jalan pantai timur jalan dari Bandarjaya kondisinya mulus. Kita berharap pak Gubernur mau menepati janjinya untuk meingkatkan kualitas jalan provinsi lebih baik, sesuai janji kampanyenya dulu,”kata Naryo, Senin (9/2).

Menurutnya, jalan penghubung itu saat ini sudah sangat ramai kendaraan yang melintas, baik dari Bandarjaya ke Menggala ke Palembang, maupun sebaliknya dari Menggala ke Bandarjaya ke Bandarlampung. Apalagi dengan jembatan di Lempuyang yang putus saat ini, jalan penghubung ini makin padat, termasuk kendaraan para karyawan dari sejumlah perusahaan yang ada di kawasan jalan Lintas Pantai timur.

”Sejak jembatan Lempuyang putus, setiap harinya ramai kendaran melalui jalan penghubung ini. Pada malam hari tidak sedikit dum truk maupun truk ukuran kcil melintas  disini,”katanya.

Bukan hanya warga Karang Endah saja yang mengeluhkan buruknya infrastruktur jalan di Lampung Tengah ini. Selain jalan penghubung Bandarjaya-Bandar Mataram, kerusakan cukup parah juga terjadi di sepajang jalan penghubung Punggur hingga Seputih Surabaya Lampung Tengah.

Kerusakan yang terjadi sudah bertahun–tahun ini sangat menyengsarakan rakyat pengguna jalan, karena selain menggangu kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan, juga menghambat kelancaran transportasi. Banyaknya truk bertonase besar, makin memperparah kondisi jalan, bila musim hujan genangan air menutupi badan jalan.

Beny warga Metro mengaku, kondisi tersebut dirasa sangat mengganggu kenyamanan dan keselamatan, apa lagi di wilayah Kacamatan Seputih banyak hingga Seputih Surabaya. Apalagi, dia hampir setiap hari harus merasakan jalan yang buruk ini bila ke Seputih Surabaya.

“Kapan Pemerintah Provinsi Lampung akan memperhatikan penderitaan rakyat? Memang sudah ada sedikit perbaikan jalan yang menghubungkan Punggur-Kota Gajah. Tapi arah yang ke Seputih Surabaya masih banyak yang berlubang. Sepengetahuan saya hampir semua ruas jalan provinsi yang ada di Lampung Tengah kondisinya rusak cukup memprihatinkan,”katanya.
.

Supriyanto

  • Bagikan