Beranda News Obituari Wartawan – Dosen Senior Masmimar Mangiang Wafat

Wartawan – Dosen Senior Masmimar Mangiang Wafat

279
BERBAGI
Masmimar Mangiang. Foto: Istimewa
Masmimar Mangiang. Foto: Istimewa

TERASLAMPUNG.COM — Wartawan senior dan dosen ilmu jurnalistik, Masmimar Mangiang meninggal dunia, di RS Medistra, Jakarta, Senin (29/6/2020) petang pukul 18.55 WIB.

Pada Senin malam jenazah Masmimar Mangiang disemayamkan di rumah duka di Jl. Cucakrawa No.6 RT 06/RW 04, Kelurahan Bukit Duri, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan. Rencananya jenazah almarhum akan  dimakamkan pada  Selasa, 30 Juni 2020, sebelum zuhur di TPU Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Almarhum lahir 10 September 1949. Masmimar Mangiang adalah seorang wartawan, pengajar dan ahli Ilmu komunikasi yang mengajar di Universitas Indonesia (UI). Ia juga mengajar di Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS) sejak tahun 1989.

Bang Mimar, begitu para yunior dan bekas muridnya menyapa, masih aktif mengajar dan sering menuls di media sosial hingga akhir hayatnya. Dalam beberapa status bernada kritik Bang Mimar selalu menyertakan tanda tangan uniknya.

Bulan lalu, Mimar sempat menyampaikan pesan kepada seluruh kolega dan mahasiswanya bahwa ia mengidap tumor paru-paru berdasarkan hasil pemeriksaan MRI di RS PON, 11 Mei 2020.

Melalui pesan itu, Mimar berujar bahwa tumor sebesar 5×5,5 cm itu sudah dinyatakan mencapai stadium 4 dengan sebaran tumor ke beberapa bagian tulang yang keropos.

Pada 2 Mei 2020 Bang Mimar menulis soal sakit yang dialaminya di beranda Facebooknya: Saya tidak tahu, apakah saya menunggu kesembuhan atau sekadar melakukan penyesuaian dengan keadaan sehat atau ketidak-sehatan pada usia 70 tahun…Sebelum semuanya sampai di titik akhir.

Sebelum menjadi dosen komunikasi di UI, Bang Mimar pernah menjadi Pemimpin Redaksi harian ekonomi Neraca, ombudsman majalah Pantau; wartawan harian Kami, harian Pedoman, jurnal Prisma, majalah Fokus, dan majalah Tempo. Bang Mimar  juga aktif menulis serta menyunting buku sejak 1972.

Ucapan duka cita meninggalnya Masmimar Manging membanjiri beranda Facebook.

Mantan Wakil Bupati Tulangbawang yang juga mantan murid Masmimar di LPDS, Heri Wardoyo, menulis: Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun…. Telah wafat Bpk *Masmimar Mangiang,* dosen komunikasi FISIP UI dan wartawan senior pukul 18.55 hari ini. Semoga husnul khotimah. Aaammiinn… 

Jurnalis senior Willy Pramudya menulis: Slmt jalan Bang Mimar. Indonesia kehilangan guru Jurnalisme & Bahasa Jurnalistik yg profesional dan langka. RIP Masmimar Mangiang.

Loading...