Beranda News Obituari Wartawan Senior Kang Zainal Muttaqien Wafat

Wartawan Senior Kang Zainal Muttaqien Wafat

82
BERBAGI
Kang Zainal Muttaqien (Foto: Istimewa)

TERASLAMPUNG.COM — Innallahi wa innaillaihi raji’un. Zainal Muttaqien, wartawan senior yang pernah menjadi redaktur Lampung Post, Trans Sumatera, dan Lampungg TV menininggal dunia karena sakit di Ciparay, Bandung, Kamis pagi pukul 7.00 WIB.

Kabar duka itu disampaikan putra sulung Zainal, Thio Prasetyo, melalui jejaring sosial.

Kabar duka itu kemudian disebarluaskan kolega Kang Zainal  di Lampung, Bandung, dan Jakarta.

Selain mendoakan Zainal Muttaqien husnul khotmah, para sahabat pria berusia 61 itu mengungkapkan jejak pria yang akbrab disapa Kang Zainal.

Politikus Golkar Ali Imron, misalnya, mengungkapkan Kang Zainal sebagai sosok yang baik hati, kalem, dan tidak sabar. Kang Zainal selalu ngemong kepada para jurnalis yang lebih muda.

Sastrawan Isbedy Stiawan ZS yang pernah bersama dengan Kang Zainal menyebut Kang Zainal sebagai pria tekun, penyabar, dan setiap kepada profesi jurnals.

Ia tercatat sebagai salah satu wartawan paling senior yang turut merintis berdirinya Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Bandarlampung pada 31 Maret 2001. Bahkan turut menjadi ‘penjaga gawang’ (redaktur) tabloid Akar yang diterbitkan AJI Bandarlampung bersama koalisi NGO Lampung.

Permah dirawat karena sakit di Bandung pada Desember 2015, ang Zainal sebenarnya sudah dinyatakan sembuh. Bahkan pada 2016 ia sempat ke Bandarlampung untuk bertemu sahabatnya untuk mengembangkan bisnis media dan kebun kopi varietas baru di Jawa Barat.

Ketika Kang Zainak sakit di Bandung, sahabatnya dari Lampung Isbedy, Ali Imron, dan Daniel H. Ghane yang saat itu sedang ikut Kongres Kesenian Indonesia di Bandung semoat menengoknya

“Saat itu kang Zainal sedang dirawat. Saya lihat kang Zainal kerap kejang-kejang jika terkena cahaya,” jelas Ali Imron saat membezuk bersama Daniel H. Ganie dan Isbedy Stiawan ZS, Kamis (23/3).

Setelah keluar dari koran Gala Bandung pada pertengahan era 1990-an, Kang Zainal kemudian hijrah ke Lampung untuk bekerja di sebagai redaktur budaya dan hiburan harian Lampung Post, kemudian harian Trans Sumatera, dan Lampung TV. Ia juga pernah dipercaya perancang busana kondang asal Lampung, Aan Ibrahim untuk menerbitkan tabloid gaya Pesona.

Kang Zainal Muttaqien bisa disebut sebagai perintis media online di Lampung. Pertama ia turut membangun media online yang diawaki para wartawan eks -Trans Sumatera (lampungonline.com versi awal) dan berkantor di Jl Perwira Rajabasa pada tahun 2002.

Ia kemudian membangun media online lampungnet.com yang kemudian berubah menjadi inilampung.com bersama Ali Imron. Beberapa media online di Lampung dan Bandung awalnya desainnya juga dibangun Kang Zainal. Antara lain teraslampung.com, inilampung.com, seputarjabar.com, dan seputarlampung.com.

Loading...