Beranda Views Opini Waspada Dampak Hujan Lebat di Lampung Hingga Tiga Hari ke Depan

Waspada Dampak Hujan Lebat di Lampung Hingga Tiga Hari ke Depan

100
BERBAGI

Oleh: Eka Suci Puspita Wulandari*

Pada Selasa, 6 Oktober 2018, BMKG merilis peringatan dini cuaca ekstrem untuk tiga hari ke depan: Lampung termasuk salah satu wilayah yang berpotensi untuk turun hujan dengan intensitas lebat yang cukup merata. Menindaklanjuti rilis tersebut, kami di BMKG Lampung mencoba menggambarkan bagaimana kondisi terkini dan bagaimana dampak dari potensi hujan lebat tersebut khususnya di wilayah Lampung.

Sejatinya beberapa waktu belakangan ini memang sudah banyak turun hujan di beberapa wilayah di Lampung dan di beberapa waktu juga sebarannya cukup merata di wilayah Lampung. Sudah jauh-jauh hari kami memberikan informasi terkait prediksi awal musim hujan yang diprediksi pada akhir bulan Oktober dan di sebagian besar wilayah pada awal bulan November.

Analisis kondisi atmosfer sampai saat ini menunjukkan kondisi-kondisi yang sangat mendukung untuk terjadi pembentukan awan-awan konvektif yang cukup merata potensinya di wilayah Lampung. Hal itu dimulai dari bertahannya arus siklonik di sebelah barat Pulau Sumatera dan baru-baru ini muncul juga arus siklonik di sebelah utara Pulau Kalimantan.

Hal itu berdampak timbulnya belokan angin di wilayah Lampung. Belokan angin ini membuat terjadinya penumpukan massa udara di wilayah Lampung yang berpotensi untuk menghasilkan awan-awan konvektif.

Selain itu adanya belokan angin juga didukung dengan adanya dominasi massa udara basah di wilayah atmosfer Lampung mulai dari lapisan 850mb hingga ke lapisan 500mb. Akibat interaksi dari penumpukan massa udara basah dan juga belokan angin ini membuat potensi pembentukan awan-awan konvektif semakin besar untuk tiga hari ke depan.

Faktor lainnya yang juga mendukung yaitu indeks labilitas yang menujukan untuk 3 hari kedepan potensi terjadi cuaca buruk di wilayah Lampung cukup besar. Hal ini dimaksudkan bahwa selama 3 hari kedepan pembentukan awan-awan Cumulonimbus di wilayah Lampung cukup signifikan meskipun beberapa hari belakangan ini sudah banyak hujan yang turun di wilayah Lampung.

Hal ini kami informasikan lebih awal agar kita semua bisa mengambil langkah lebih awal untuk melakukan apa-apa saja yang bisa kita lakukan untuk mencegah dampak yang dihasilkan dari potensi hujan lebat tersebut.

Wilayah-wilayah yang sudah rutin terjadi banjir agar meningkatkan kewaspadaannya untuk tiga hari ke depan dan selama musim hujan ini, wilayah seperti Bandar Lampung, Lampung Tengah, Lampung Timur, Lampung Selatan, dan Tanggamus yang seringkali terjadi banjir terutama masyarakat yang tinggal di sekitar sungai.

Selain banjir potensi bencana hidrometeorologi lainnya seperti tanah longsor, adanya genagan air yang menutupi lubang-lubang di jalan, angin kencang serta putting beliung, pohon tumbang, dan juga licinnya jalanan perlu menjadi perhatian lebih untuk masyarakat selama musim hujan berlangsung. Mari kita perkuat pengetahuan mitigasi bencana kita supaya kita selalu siap kapanpun bencana akan datang.***

* Prakirawan Stasiun Maritim Panjang, Lampung

Loading...