Beranda Views Opini Waspada Potensi Hujan Lebat Jelang Pilkada 27 Juni 2018

Waspada Potensi Hujan Lebat Jelang Pilkada 27 Juni 2018

1085
BERBAGI
Ilustrasi hujan lebat

Oleh Eka Suci Puspita Wulandari
Pengamat BMKG Lampung

Analisis dinamika atmosfer masih dalam kondisi yang cukup signifikan untuk terjadinya pembentukan awan-awan hujan pada esok hari. Kondisi kelembaban udara yang menjadi faktor penting pembentukan awan hujan masih dalam kondisi yang basah mulai dari lapisan 850mb hingga ke lapisan 500mb. Lapisan ini merupakan lapisan penting dalam proses pembentukan awan-awan hujan apakah dia hanya sebatas hujan ringan ataukah bisa sampai terbentuk awan Cumulonimbus.

Selain itu aktifnya gangguan cuaca skala regional Madden Jullian Oscillation (MJO) meningkatkan pembentukan awan-awan hujan di wilayah Indonesia bagian barat termasuk Lampung. MJO mendorong udara kering dengan udara basah sehingga membuat awan bisa terbentuk hingga ke lapisan atas karena kondisi atmosfer yang basah. Saat ini MJO berada di kuadran 2 yaitu berada di wilayah Samudera Hindia dimana Pulau Sumatera berhadapan langsung ke arah Samudera Hindia sehingga dampaknya begitu terasa akhir-akhir ini terjadi peningkatan hujan yang cukup signifikan.

Jelang Pilkada 27 Juni 2018,  kami dari BMKG memprediksi akan banyak turun hujan terutama di waktu siang hingga sore hari. Pada pagi hari potensi hujan turun di wilayah Mesuji, Tulang Bawang, Lampung Tengah, dan Lampung Timur dengan intensitas ringan hingga sedang. Untuk siang hingga sore hari diprediksi hujan turun cukup merata di sebagian besar wilayah Lampung.

Potensi hujan lebat turun pada sore dan juga malam hari di beberapa wilayah seperti Mesuji, Way Kanan, Lampung Tengah, Lampung Utara, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Bandar Lampung, Lampung Selatan, Metro, Pesawaran, dan Lampung Timur pada siang hingga sore hari lalu di wilayah Pesisir Barat, Lampung Timur, Lampung Selatan, Tulang Bawang, dan Mesuji pada malam hari.

Hujan lebat yang diprediksi turun berpotensi diikuti dengan angin kencang dan juga petir sehingga masyarakat dihimbau untuk meningkatkan kewaspadaan menjelang Pilkada besok. Jangan lupa kita yang punya hak untuk memilih sebisa mungkin untuk berangkat mencoblos agar hak pilih kita tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak berwenang.

Pilihan kita akan menentukan kemana arah pembangunan di wilayah Lampung selama lima  tahun ke depan. Kita sama-sama menjaga agar suasana Pilkada tidak terjadi kerusuhan yang bisa memecah belah kita punyak hak untuk memilih tanpa ada paksaan dari siapapun. Kami dari BMKG menghimbau kepada masyarakat untuk mencoblos pada pagi hari sebab potensi hujan masih berada di sebagian wilayah Lampung bagian utara dan juga timur belum merata seperti pada siang hingga sore harinya.

Tentunya kita semua berdoa agar diberi pemimpin yang amanah, jujur, dan juga mengayomi seluruh masyarakat di Lampung ini selama 5 tahun kedepan.

Yuk, berangkat mencoblos pagi ini dan sama-sama kita kawal hasilnya sampai diumumkan nanti oleh KPU supaya tidak ada kecurangan dalam Pilkada.

Loading...