Beranda Views Opini Waspada Potensi Kebakaran Lahan pada Mei – September 2018

Waspada Potensi Kebakaran Lahan pada Mei – September 2018

311
BERBAGI
Kebakaran lahan gambut di Sumatera Selatan akibat illegal logging dan pembakaran lahan (Foto: mongabay.com)

Oleh Ramadhan Nurpambudi
Prakirawan Stasiun Meteorologi Radin Inten Lampung

Mulai awal bulan Mei 2018 sebagian besar wilayah Lampung diprediksi sudah memasuki musim kemarau. Hanya di wilayah Pesawaran bagian selatan dan juga di wilayah Lampung Utara bagian utara yang diprediksi memasuki musim kemarau lebih lambat di sekitar bulan Juni 2018. Prediksi musim kemarau tahun ini berjalan normal jika dibandingkan dengan rata-ratanya (1980-2010) tidak terjadi kemarau yang ekstrim. Awal musim kemarau ini didapatkan dari analisa teman-teman di Stasiun Klimatologi Masgar.

Sampai pertengahan bulan Mei ini sudah banyak titik panas yang terpantau oleh citra satelit dengan tingkat kebenaran diatas 80%. Kabupaten yang paling sering terpantau ada titik panas adalah Kabupaten Lampung Tengah. Untuk itu dihimbau untuk masyarakat di wilayah Lampung Tengah dan sekitarnya agar tidak menyulut api di lahan-lahan perkebunannya untuk mencegah kebarakan lahan yang lebih besar.

Kita masih terbantu dengan adanya hujan yang turun namun dalam skala yang lokal sampai saat ini. Sehingga potensi kebakaran lahan bisa ditekan dengan adanya hujan lokal ini. Namun kedepannya diprediksi hujan dalam skala lokal ini perlahan perlahan semakin berkurang intensitas terjadinya sehingga membuat lahan-lahan akan semakin kering dan mudah untuk terjadi kebarakan lahan.

Untuk teman-teman petani yang membutuhkan pasokan air untuk pengairan lahannya sudah harus dipersiapkan dari sekarang alternative-alternatif untuk pengairan lahan ketika sungai yang menjadi sumber utama nanti mulai mongering akibat kemarau. Teman-teman petani bisa berkonsultasi dengan badan badan terkait di wilayahnya untuk mencari solusi menghadapi masalah ini agar panen bisa tetap dilaksanakan dan tidak terjadi gagal panen.

Dengan bantuan model cuaca kami dari BMKG memiliki peta potensi kemudahan kebakaran lahan hingga 6 hari kedepan. Untuk itu masyarakat bisa berkonsultasi dengan BMKG melalui media sosial facebook (Infocuaca Bmkg Lampung), whatsapp (0816-404-333), dan juga instagram (infocuacalampung). Terus ikuti perkembangan cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG di media sosial diatas agar kegiatan kita semua bisa berjalan dengan baik dan lancar, siap selamat bersama BMKG.

Loading...