Beranda Views How To Waspadai Penipuan dengan Modus Pengajuan KTA Tanpa Syarat!

Waspadai Penipuan dengan Modus Pengajuan KTA Tanpa Syarat!

832
BERBAGI
Ilustrasi

TERASLAMPUNG.COM — Krisis moneter global secara tak langsung menyebabkan banyak orang harus lebih giat lagi mencari uang untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Hal ini pada akhirnya berimplikasi pada banyak pihak yang hampir menghalalkan segala cara untuk mendapatkan uang guna menutupi kebutuhan-kebutuhannya yang mendesak, salah satunya dengan melancarkan beragam modus penipuan yang seringkali kita dengar belakangan di saluran berita nasional.

Yang terakhir kali ramai diperbincangkan adalah penipuan dengan modus Kredit Tanpa Agunan (KTA) dengan tanpa persyaratan seperti KTA pada umumnya. KTA merupakan produk pinjaman finansial yang biasanya ditawarkan oleh perbankan untuk mendapatkan sejumlah pinjaman dalam jumlah yang cukup besar dengan persyaratan memiliki kartu kredit dan berbagai dokumen pelengkap lainnya. Beberapa produk KTA yang telah dipercaya masyarakat seperti KTA BCA, KTA Mandiri, KTA BNI dan masih banyak lagi yang lain. Hampir kesemua memiliki persyaratan umum yang serupa yaitu kartu kredit atau gaji dengan sistem payroll.

Ada beberapa produk KTA yang memang bebas dari biaya administrasi dan ada juga bank yang menerapkan biaya administrasi untuk mereka yang berminat melakukan pengajuan. Nah, hal inilah yang dijadikan celah bagi penipu untuk melancarkan modusnya. Berikut beberapa saluran yang umumnya digunakan sebagai ajang mereka mencari korban.

  1. Lewat Telepon

Seringkali ada pihak yang mengaku sebagai marketing sebuah bank menghubungi Anda dan menanyakan apakah tertarik untuk melakukan pengajuan KTA dengan syarat yang sangat mudah. Apabila hal ini terjadi segeralah abaikan telepon mereka, sebab Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah melarang promosi produk-produk finansial melalui telepon kecuali dengan persetujuan terlebih dahulu. Apalagi jika mereka tidak menelepon melalui nomor kantor alias nomor handphone pribadi, segeralah tutup telepon tersebut.

  1. Lewat SMS atau Pesan Singkat

Ingatkah Anda dengan modus penipuan mama minta pulsa, minta transfer atau memenangkan undian dari berbagai macam brand? Hampir kesemuanya dilakukan melalui pesan singkat dengan nomor pribadi. Bahkan belakangan banyak juga yang melancarkan serangannya melalui online messenger yang tersedia seperti BBM, WhatsApp, Line dan sebagainya.

  1. Lewat e-Mail

Sama halnya seperti SMS, banyak juga yang melakukan modus penipuan KTA melalui e-mail, jika tak teliti kita akan menyangka e-mail tersebut memang datang dari pihak bank terkait. Umumnya mereka akan meminta data-data pribadi Anda seperti nomor rekening, PIN, dan data kartu kredit. Bahkan beberapa juga mencantumkan link yang mampu men-scan seluruh informasi pribadi Anda melalui e-mail. Segera saja hapus jika menemukan kejanggalan seperti ini.

  1. Kartu Kredit

Berhati-hati juga terhadap pihak-pihak yang tidak secara resmi meminta data kartu kredit yang Anda miliki seperti nama yang tercantum, nomor yang tertera di kartu kredit, masa berlaku kartu dan bahkan tiga digit terakhir yang ada di belakang kartu. Sebab mereka bisa saja sedang melancarkan modus penipuan dengan menggunakan kartu kreditmu untuk melakukan pembayaran di tempat lain.

Selain itu, berhati-hati juga jika Anda sedang melakukan pembayaran di merchant tertentu, sebab banyak oknum nakal yang mencoba mengingat tiga digit terakhir yang tertera pada belakang kartu kredit Anda untuk digunakan kemudian. Jika diperlukan tutuplah angka yang tertera di belakang kartu kredit menggunakan lakban hitam yang digunting kecil untuk menghindari kerugian yang bisa saja menimpa suatu saat.

  1. Duplikasi Website

Setiap kali Anda mengunjungi sebuah website resmi perbankan atau merchant online, pastikan bahwa di depannya tercantum https:// sebab hal itu membuktikan bahwa website yang sedang Anda kunjungi aman dan terlindungi. Sebab di luar sana banyak sekali orang yang senang memalsukan website resmi sebuah bank atau merchant online demi mencuri identitas pribadi milik nasabah.

Jika memang Anda sangat membutuhkan produk finansial seperti KTA, ada baiknya Anda mendatangi langsung bank tersebut atau dengan mengunjungi situs perbandingan finansial yang dapat memberikan Anda kemudahan dalam memilih produk KTA sesuai dengan kebutuhan Anda. Tentunya pastikan bahwa mereka telah terintegrasi dan bekerja sama dengan OJK. KTA DBS, KTA BCA, KTA Mandiri, KTA ANZ dan KTA Standard Chartered merupakan salah satu dari sekian banyak produk KTA yang berasal dari bank yang terpercaya. Segera ajukan hanya melalui jalur resmi.