Beranda Iklan Advetorial Wayangan di Lamtim, Arinal Djunaidi dan Ki Enthus Disambut Antusias Ribuan Penonton

Wayangan di Lamtim, Arinal Djunaidi dan Ki Enthus Disambut Antusias Ribuan Penonton

430
BERBAGI
Arinal Djunaidi menyalami warga pada acara wayangan di Kecamatan Pekaongam, Lampung Timur, dengan lakon Kresna Duta, Jumat malam (12/52017). Foto: inilampung.com

TERASLAMPUNG.COM — Ribuan warga Kecamataan Pekalongan, Lampung Timur, antusias menyaksikan pentas wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Ki Enthus Susmono, Jumat malan (12/2017). Pentas kesenian Jawa yang digelar Arinal Djunaidi bersama segenap DPD I Partai Golkar Lampung memang dimaksudkan untuk obat kangen warga Lampung Timur terhedap kesenian tradisi.

““Pertunjukan wayang dengan dalang Ki Enthus Susmono ini sengaja kita hadirkan di tengah masyarakat Lampung Timur. Sebab, di dalamnya bukan hanya tontonan, melainkan juga ada tuntunan,” kata Arinal, saat menyampaikan sambutan, sebelum Ki Enthus mulai mendalang.

Meskipun bukan orang Jawa, Arinal malam itu memakai bahasa Jawa. Bahasa Jawa yang dipakai untuk komunikasi itu membuat suasana malam itu menjadi cair dan tak ada jarak antara penonton biasa dengan para penonton yang terdiri atas petinggi Partai Golkar Lampung.

Menyaksikan ribuan warga yang antusias, Arinal pun turun antusias dan terlihat sangat senang.

Ribuan warga  itu tidak hanya datang dari Lampung Timur, tetapi juga dari Kota Metro, Lampung Tengah, dan beberapa wilayah lain di Lampung.

Soal niatnya mencalonkan diri sebagai Gubernur Lampung dalam Pilgub 2018 mendatang, Arinal mengaku Lampung seharusnya sudah bisa lebih maju dibanding sekarang. Itulah sebabnya, katanya, dengan latar belakangnya sebagai insinyur pertanian dirinya akan berupaya membangun sektor pertanian agar para petani sejahrera.

“Saya sekolahnya pertanian, jadi insinyur pertanian, kalau saya jadi gubernur, mudah-mudahan gampang menyelesaikan semua masalah pertanian. Karena nyambung. Kan akeh seng ora nyambung soal pertanian geh, Pak, Bu?” ujarnya.

Seluruh rangkaian wayang dan doorprise yang disiapkan panitia Jaringan Arinal Berkarya (JAYA) itu, diungkapkan Ketua DPD II Golkar Lampung Tengah, Junadi sudah secara matang dan sistematis untuk memajukan dunia pertanian. Termasuk lakon wayang yang dimainkan Ki Enthus adalah Kresna Duta.

“Arinal itu Arjuna,” kata Ki Enthus yang sebelumnya sudah naik panggung lebih dulu bersama rombongan sinden dan yogo.

Pakem dalam lakon Kresna Duta sendiri dalam dunia perwayangan dikenal sebagai fase awal lahirnya perang Barathayuda Jayabinangu, sebuah perang besar antara Pandawa dan Kurawa untuk memperebutkan kekuasaan di Hastinapura.

ADVETORIAL

Loading...