Beranda Teras Berita Wisata Gunung Berapi Diprediks Cerah

Wisata Gunung Berapi Diprediks Cerah

52
BERBAGI
Wisata Gunung Merapi (dok)

Dewi Ria Angela/Teraslampung.com

JAKARTA–Banyaknya gunung berapi yang Indonesia akan dimanfaatkan untuk kemajuan sektor wisata. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Ukus Kuswara menyatakan pembangunan sektor pariwisata di wilayah gunung berapi yang ada di Indonesia akan memiliki masa depan cerah.

“Kita akan mengubah sebutan gunung berapi dari Ring of Fire menjadi Ring of Energy. Banyaknya gunung berapi di wilayah Indonesia harus dipandang sebagai pemberi manfaat yang luas dari berbagai sektor, termasuk sektor pariwisata,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Ukus Kuswara pada diskusi ‘Kondisi Gunung Api di Indonesia Saat Ini’, di Gedung Krida Bhakti Sekretariat Negara, Selasa (11/2).

Ukus mengatakan sektor perekonomian masyarakat sekitar gunung berapi akan terdongkrak jika konsep wisata gunung berapi ini bisa terwujud. Untuk mewujudkannya, kata Ukus, harus ada pengelolaan yang baik dan kerjasama antarasemua pihak terkait, baik itu pemerintah maupun masyarakat sekita.

Kerjasama yang dimaksud menurut Ukus adalah dengan membangun pusat wisata yang terintegrasi di sekitar gunung berapi, tentunya dengan fasilitas yang menunjang daya tarik wisatawan, seperti menyediakan menara untuk melihat erupsi gunung.

“Perlu juga dilakukan pemberdayaan mengoptimalkan masyarakat untuk membuka kegiatan usaha, baik itu industri makanan, hasil bumi, maupun barang kreatif khas daerah lainnya,” ujarnya.

Menurut Ukus Kuswara langkah yang harus dipersiapkan dengan membangun pusat informasi dan dokumentasi terkait gunung tersebut. Ditambah adanya sertifikasi bagi guide untuk wisatawan yang ingin berkunjung di wilayah sekitar sehingga betul-betul berkualitas.

Kuswara mengatakan akibat dari tidak adanya pusat informasi kepariwisataan di sekitar gunung berapi, berdampak pada turunnya jumlah wisatawan yang datang ke daerah baik dekat gunung tersebut maupun daerah tetangganya.

Dia mencontohkan, meskipun Gunung Sinabung berada di Kabupaten Karo, efek pariwisatanya berdampak sampai ke daerah sekitarnya.
“Di Medan, penurunan wisatawan mencapai 24 persen. Padahal di Medan aman,” ujar Kuswara.

Menanggapi usulan tersebut, Staf Khusus Presiden Bidang Bencana Alam, Andi Arief berharap ide Kemenparekraf itu dapat segera direalisasikan. Sebab, manfaat yang akan dihasilkan, selain mitigasi bencana, juga peningkatan perekonomian masyarakat sekitar akan terbantu.

“Saya sangat setuju sekali dengan ide tersebut. Jika terealisasi, kata dia, akan menghasilkan manfaat besar baik bagi pemerintah maupun masyarakat sekitar,” kata Andi.

Indonesia memiliki banyak gunung berapi karena berada tepat di lintasan gunung api. Indonesia sering disebut sebagai negar Cincin Api (Ring of Fire).

Loading...