Beranda News Budaya Wow….Cewek Cantik Asal Amerika Ini Unjuk Kebolehan Bermain Gitar Tunggal Lampung

Wow….Cewek Cantik Asal Amerika Ini Unjuk Kebolehan Bermain Gitar Tunggal Lampung

255
BERBAGI
Rebecca, mahasiswa asal Amerika Serikat (kiri), memainkan gitar tunggal khas Lampung pada malam penutupan Final Festival Gitar Tunggal se-Provinsi Lampung 2016 yang digelar di Bundaran Tugu Adi Pura, Bandarlampung, Minggu (17/4/2016)

Zainal Asikin/Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG-  Acara penutupan sekaligus Final Festival Gitar Tunggal se-Provinsi Lampung 2016 yang digelar di Bundaran Tugu Adi Pura, Bandarlampung, Minggu (17/4/2016) malam, diwarnai pemandangan langka dan menarik. Itu terjadi ketika seorang gadis muda cantik asal Amerika Serikat naik ke panggung.

Rebeca, nama gadis asal Negeri Paman Sam yang sedang kuliah di Unila itu, naik ke panggung karena akan tampil memetik gitar tunggal khas Lampung. Mengenakan kain tapis–kain tradisional Lampung–, Rebeca terlihat libih cantik. Ia pun tak canggung ketika berhadapan dengan para penonton yang memberikan tepuk tangan untuknya. Di atas panggung, ia ditemani seorang perempuan Lampung yang fasih menyanyi bahasa Lampung.

Meski berasal dari Amerika  dan tidak memilki keturunan darah Lampung, Rebeca yang sudah delapan bulan tinggal di bumi tanah lada (Lampung) tampak piawai memainkan alat musik gitar, mengiringi lantunn  lagu khas Lampung bertajuk Mati Sikap Ka Muley (Alangkah Cantik Gadis Itu).

Lentik jari jemari Rebeca malam itu terlihat lincah memetik dawai gitar tunggal untuk mengiringi lagu khas Lampung. Karena kepiawannya tersebut, Rebeca menjadi pusat perhatian baik dari media, cetak dan elektronik dan warga masyarakat Kota Bandarlampung yang hadir di acara malam final tersebut.


BACA: Ike Edwi: Jangan Kalah Sama Bule dan Nenek-Nenek

Selain penampilan Rebeca, untuk memeriahkan acara malam final tersebut, berbagai macam kesenian adat Lampung disuguhkan. Seperti Grup Marawis dari Polwan Polda Lampung, petikan gitar klasik khas Lampung dari Lampung Utara dan kesenian adat lampung lainnya.

Fesitival Gitar Tunggal Lagu Tradisional Lampung se-Provinsi Lampung 2016 yang digelar tersebut diikuti sekitar 147 peserta dari berbagai Kabupaten di Lampung. Mereka memperebutkan tropy Kapolda Lampung, Brigjen Pol Dr Ike Edwin SH MH dan Walikotqa Bandarlampung Herman HN. Pada malam final Festival Gutar Tunggal Lampung se-Provinsi Lampung 2016, ada sekitar 26 peserta  ang tampil di malam Final.

Diketahui, Festival Gitar Tunggal lagu khas tradisional Lampung se-Provinsi Lampung tahun 2016, mulai digelar, pada Jumat malam (15/4/2016) lalu.