Beranda Kolom Sepak Pojok Hasil Quick CounT Pemilu 2014: Yang Hebat PKB, Bukan PDIP

Hasil Quick CounT Pemilu 2014: Yang Hebat PKB, Bukan PDIP

110
BERBAGI

Aboeprijadi Santoso*

Sesungguhnya PDI-P-lah pihak yang kalah. Bahkan kalah besar bila dibandingkan dengan  lompatan Gerindra dan PKB (dibandingkan dgn 2009). Maklumlah, tak ada lagi struktur dan budaya membangun partai berbasis massa. Semua partai baru hidup di akar rumput cuma bebberapa minggu menjelang pemilu. Hebat dampak panjang floating mass-nya AM (Ali Moertopo) ini.

Mungkin hanya PKS, terutama PK, yang menerobos, dgn serius membangun partai kader sekaligus partai massa. Bahwa sekarang PKS kalah kecil, itu soal lain. Hanya Gerindra yang dipimpin tokoh yang lahir dari rahim Orde Baru Prabowo yang dengan sadar membangun partai massa dengan memobilisasi massa secara kontinu. Dengan kharisma dan ditopang modal besar. Ini bedanya dengan 1960-an.

Yang lain adalah partai-partai yang bolong di tengah dan keropos di akar. Inilah esensi dampak Orde Baru yg masih membekas hingga kini. Betapapun, paling menarik adalah kemenangan PKB. Ternyata yang terjadi bukan “Indonesia Hebat”, melainkan PKB Hebat. Masihkah kita dlm tahapan budaya Rhoma Irama?

*jurnalis, lama bekerja di Radio Hilversum, Netherland

Loading...