Beranda Teras Berita Yon Tyrone, Si Pekerja Keras dan Penulis Buku “Jokowi, Pemimpin Rakyat Berjiwa...

Yon Tyrone, Si Pekerja Keras dan Penulis Buku “Jokowi, Pemimpin Rakyat Berjiwa Rocker” Wafat

215
BERBAGI
Yon Tyrone. (dok pribadi)

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com--Innallilahi wa innailaihi roji’un. Keluarga besar Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia berduka. Yon Tyrone (47),  mantan Sekretaris AJI Jakarta dan penulis buku Jokowi, Pemimpin Rakyat Berjiwa Rocker, meninggal dunia, Sabtu malam (11/10) sekitar pukul 19.10 WIB, di Stabat, Sumatera Utara. 

Kabar duka yang awalnya muncul di milis AJI Indonesia (asjisaja) dan jejaring sosial itu cepat menyebar. Hanya dalam hitungan menit, beranda Facebook Yon pun penuh ucapan duka cita.

Kepergian Yon untuk selama-lamanya itu mengagetkan kawan-kawannya di AJI maupun kawan-kawan almarhum bekerja. Meski lama sakit, Yon baru memberi tahu kawan-kawannya bahwa dirinya sakit dan dirawat di sebuah tempat hanya beberapa belas jam sebelum meninggal.

Di mata kawan-kawannya, Yon dikenal sebagai pekerja keras. Beberapa jam setelah meninggalnya Yon, Sekjen AJI Indonesia, Suwarjono,  berkomentar di Facebook: Selamat jalan kawan Yon Tyrone, damai selamanya. Masih seperti yang kukenal sejak di Penjernihan Pejompongan, hingga membantu advokasi kawan Ika tahun lalu di Medan, semangatmu luar biasa. Sampai kabar lewat postingan terakhirmu kemarin, merahasiakan sakitmu, hingga akhir menjemputmu.

Wahyuana, juga sahabat Yon di AJI, menulis: “He is a good guys, sudah semestinya kita bikin doa…”

Pada Jumat (10/10) pukul 07.31 WIB Yon menulis status di Facebook: “Kawans, setelah lama tdk menulis disini. Hari ini saya mau sampaikan pesan atas musibah yg sdh saya alami, empat Bln terakhir ini.4 Bln lalu tiba2 kondisi saya turun pelan. Namun saya masih sanggup beraktivitas. Namun Seiiring waktu kondisi semakin dan berat badan turun di luar dugaan saya. Sdh 3 minggu ini darah keluar dari mulut. Kondisi ini sangat tdk enak.Saya sendiri hampir nggak sanggup megang Gadget ini utk menulis yg lbh banyak. Kawans, sdh 2 kali saya lompati kematian. Doakan saya cepat sembuh. Maaf kan kalau saya banyak salah selama ini.”

Status itu dikomentari ratusan kawannya. 

Pada pukul  07.20 Yon sempat mengupadate status. Intinya, di status terbaru di FB itu Yon mengaku dirawat di sebuah tempat di luar pulau (Jawa). Secara tersirat dia tidak mau merepotkan kawan-kawannya untuk menengoknya karena perjalanan menuju tempatnya dirawat akan panjang.

Pria kelahiran Meulaboh, Aceh Barat, itu dikenal sebagai sosok yang gigih. Ia pernah menjadi sekretaris AJI Jakarta dan bekerja di sejumlah media. Antara lain penyiar radio Flamboyant FM di Banda Aceh, dan Internews. Ia kembali ke Aceh setelah bencana tsunami dan bekerja sebagai media officer untuk Oxfam di Banda  Aceh. Belakangan Yon bekerja freelance.

Pada Desember 2013 lalu Yon sempat menghubungi teraslampung.com karena mau syuting di sebuah pulau di Lampung. Akhirnya Yon memang benar-benar syuting bersama timnya untuk acara petualangan di televisi. Ketika mendatangi pulau terpencil itu Yon ditemani aktivis lingkungan dari Mitra Bentala.

Oyos Saroso HN

Baca Juga: Yon