Beranda Hukum Korupsi Zainudin Hasan Ingin Dampingi Istrinya Melahirkan, Izin Hakim Belum Keluar

Zainudin Hasan Ingin Dampingi Istrinya Melahirkan, Izin Hakim Belum Keluar

601
BERBAGI
Jaksa KPK dalam kasus fee proyek Dinas PUPR Lampung Selatan, Ariawan

TERASLAMPUNG.COM—Jaksa (PU) KPK Ariawan menyatakan hingga saat ini izin dari hakim untuk terdakwa Zainudin Hasan agar ia bisa mendampingi istrinya yang akan melahirkan di Jakarta belum keluar. Ariawan mengaku, jaksa pada prinsipnya hanya melaksanakan penetapan hakim.

“Istrinya terdakwa melahirkan kemungkinan bukan bulan ini tapi bulan April. Dan pada prinsipnya jaksa hanya melaksanakan penetapan hakim. Namun hingga sekarang hakim belum memberikan ketetapan,” kata Jaksa Ariawan, saat diwawancarai teraslampung.com usai sidang di Pengadilan Tipikor PN Tanjungkarang, Senin (4/3/2019).

Menurut Ariawan, secara aturannya seharusnya tidak ada izin untuk mendampingi istrimelahirkan ,jaksa hanya menjalankan aturan tidak ada. Aturan yang ada hanya ijin untuk terdakwa berobat.

Namun demikian,lanjut Ariawan, itu semua tergantung dari kebijakan hakim, kalau adasesuatu urgent misalnya ada keluarga yang meninggal maka bisa diberi izin satu hari.

“Dalam pemberian izin mekanismenya harus diperhatikan kalau lebih dari satu hari , bukan izin namanya tapi pembantaran,” jelasnya.

Kalau misalnya nanti, majelis hakim memberi izin kepada terdakwa untuk mendampingi istrinya yang melahirkan di Jakarata, maka jaksa harus melaksanakan penetapan dari hakim.

“Mekanismenya jika diizinkan maka KPK harus mengawal dari Lampung hingga Jakarta.Kita akan melaksanakna apa isidari penetapan hakim itu. Ya harus kita kawal jika memang boleh atau mendapatkan izin dari hakim untuk mendampingi istrinya yang akan melahirkan di Jakarata.”

Mas Alina Arifin

 

Loading...