Beranda BOLA Piala Dunia 2014 Zul Irianto: Belanda Bisa Ungguli Australia

Zul Irianto: Belanda Bisa Ungguli Australia

164
BERBAGI

Isbedy Stiawan ZS, Bagas M. Prasetyo/Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG—Tim Oranje akan mengincar kemenangan atas Socceroos agar memastikan satu tiket ke babak 16 Besar Piala Dunia 2014. Sementara bagi Australia, mereka wajib terhindar dari kekalahan agar peluang lolos masih terjaga, kecuali jika Cili menang atas Spanyol, maka mereka wajib meraih tiga angka.

Pertemuan Belanda dengan Australia di Grup B, Rabu (18/6) malam pukul 23.00, dinilai sebagai laga ringan. Belanda tak perlu “berjibaku” untuk menekuk lawannya. Meski begitu, jangan pula menganggap enteng Australia. Bisa saja sebaliknya, Belanda kecolongan gol.

Hal itu dikatakan mantan pemain bola masa 1970-an di klub RC (Rawa Club) Zuil Irianto, ditemui Rabu (18/6) sore tadi.

Tim Oranje ini, menurut pensiunan PNS di Pemprov Lampung ini, sudah berpengalaman. Tim ini memiliki kekuatan pemain di lini tengah dan belakang. “Lini depan hanya penyelesaian akhir oleh Robben dan Robin Van Persie,” katanya.

Artinya, dikatakan Zul Irianto, Robin memiliki tugas akhir menyarangkan bola ke gawang lawan. Dan, tugas tersebut kerap dilakukan dengan baik oleh Van Persie. “Apalagi penyerang Belanda ini bisa berubah posisi dengan sangat cepat,” lanjutnya.

Pergerakan Robin, nilai mantan bek ini, sulit diantisipasi, sekuat apapun pertahanan tim Australia. Kecuali dia dicurangi lawannya. Tetapi, masih kata Zul Irianto, Van Persie lebih berbahaya kalau menerima assisst bola atas.

Ini predisksi di atas kertas, Zul Irianto menambahkan, dengan kekuatan tim Belanda di lini depan dan belakang serta gerakan Robin Van Persie yang sulit ditebak, tim Oranje ini akan mengakhiri 90 menit pertarungan dengan mengungguli Australia. “Saya memprediksi Belanda menang 2 kosong.”

Sedangkan di lapangan, Belanda bisa saja kalah. Dikatakan pemain segenerasi Wista—suami Siti Nurbaya, birokrat dan politisi Nasdem—ini, kalau tim ini kurang hati-hati, atau termakan emosi.

Selain itu, katanya kemudian, kadang wasit kurang jeli. Dia menduga, kemungkinan wasit akan banyak merugikan Belanda dan berpihak kepada tim lawan. Kalau Belanda terpancing emosi, bisa saja tim yang dalam sejarah Piala Dunia belum membawa pulang juara ini akan kalah. “Kalah tipis, 1 kosong,” ucapnya.

Zul Irtianto juga tidak yakin Piala Dunia 2014 ini, Belanda bisa keluar menjadi juara. Alasannya, Jerman, Argentia, ataupun Brasil meruoakan tim-tim kuat dan berat untuk dilawan oleh tim ini.

“Kalau untuk juara bagi Belanda berat, karena ada Jerman dan Argentina yang akan mengganjal,” pungkasnya.

Sementara, dihubungi terpisah Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandarlampung Muhammad Harun mengaku, menjagokan Australia.

Harun yang memfavoritkan Argetina sebagai juara Piala Dunia 2014, keeberpihakan kepada Australia lantaran Belanda pernah menjajah Indonesia. “Artinya peernah menyakiti nenek-moyang kita,” katanya bersemangat.

Lebih jauh Harun bicara soal kekayakaan budaya Indonesia yang dijarah dan dibawa ke negeri Belanda, maka biarkan tim Oranje ini kalah dan bahkan tidak membawa pulang piala Piala Dunia 2014.

“Sebagai bangsa yang pernah dijajah Belanda, saya tidak ingin menjagokan tim Oranje. Favorit saya adalah Argentina,” tutup Harun.

baca juga: Prediksi Ari Pahala Hutabarat

Loading...