Zulkifli Hasan Ketua MPR 2014-2019

  • Bagikan
Zulkifli Hasan (kiri) menjadi ketua MPR RI 2014-2019 setelah dalam pemungutan suara menang tipis atas Oesman Sapta Odang.

JAKARTA, Teraslampung.com– Zulkifli Hasan, politikus PAN asal Lampung Selatan,dipastikan menjadi ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat periode 2014-2019 setelah memenangi pemungutan suara mewakili Koalisi Merah Putih (KMP), Rabu dini hari (8/10). Zulkifli  mengalahkan kandidat lain yang didukung DPD dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH) Oesman Sapta Odang, lewat ‘drama’ voting yang mendebarkan. Zulkifli meraup dukungan 347 suara,sedangkan Oesman Sapta 330 suara. Satu anggota MPR abstain.

Dalam pemungutan suara untuk memperbutkan ketua MPR RI itu, kubu Koalisi Merah Putih (KMP) dan KIH mengajukan paket calon pimpinan MPR. Oesman Sapta dkk. mewakili Paket A. Sedangkan Zulkifli dkk Paket B.

div class="__mango" data-placement="5690">

Para politisi dari kubu KMP terlihat sudah menyerbu Zulkifli memberi selamat ketika suaranya sudah mencapai 340, meskipun penghitungan masih dilakukan.

Gagalnya KIH kali ini banyak yang menyebut sebagai kekalahan keempat KIH yang selama ini mendukung Jokowi-JK. Sebelumnya, koalisi pendukung Jokowi-JK juga kalah dalam penetapan UU Pilkada, pemilihan ketua DPR, dan penetapan UU MD3.

Total ada 678 suara yang ikut dalam pemungutan suara.Rabu dini hari tadi Secara keseluruhan, ada 685 orang anggota MPR yang terdaftar. Perinciannya: anggota DPD 130 dan anggota DPR 555 orang.

“Kami tetapkan dan kami sahkan,” kata Pimpinan MPR Maimunah Umar sambil mengetuk palu Rapat, Rabu (8/10/2014) dini hari.

Meski kalah dalam pemilihan ketua MPR, Oesman Sapta tetap menjadi wakil ketua MPR dari unsur DPD.

Berikut daftar unsur pimpinan MPR periode 2014-2019:
1. Ketua MPR dari Fraksi PAN Zulkifli Hasan
2. Wakil Ketua dari Fraksi Golkar Mahyudin
3. Wakil Ketua dari Fraksi Demokrat EE Mangindaan
4. wakil Ketua dari Fraksi PKS Hidayat Nur Wahid
5. Wakil Ketua Dari perwakilan DPD, Oesman Sapta Odang

Rama Pandu/Bambang Satriaji

  • Bagikan