Beranda Politik Zulkifli Hasan: KMP dan KIH Sudah tak Relevan Lagi

Zulkifli Hasan: KMP dan KIH Sudah tak Relevan Lagi

329
BERBAGI
Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com — Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menegaskan  perpolitikan pascapilpres 2014, putra asli Lampung Selatan yang kini juga menjabat sebagai Ketua MPR RI ini menegaskan Koalisi Merah Putih (KMP)  dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH) sudah   tidak relevan  lagi.

“Misalnya saja dalam memilih KPK sama satu suara, me milih Kapolri sama , APBNP juga  sama. PAN sebagai mitra yang kritis bagi pemerintah kalau tidak pro rakyat maka kita kritisi untuk program kesejahteraan rakyat,” kata Zulkifli, saat membuka Musyawarah Wilayah (Muswil) Partai Amanat Nasional (PAN) Lampung, di Hotel Horison Bandarlampung, Kamis (28/5). 

“Kita berusaha untuk menyatukan parpol dengan pandangan yag berbeda. Misalnya antara Megawati dan SBY agar suasana hati kita sejuk walaupun berbeda,” imbuhnya.

Mantan Menteri Kehutanan tersebut menegaskan, PAN tidak ingin terjebak dalam kubu-kubuan antara KMP dan KIH. Menurutnya adanya KMP dan KIH sudah tidak relevan lagi.

“Mengapa saya katakan sudah tidak relevan lagi sebab di DPR itu sekarang sudah tidak jelas mana KMP mana KIH. Saat memilih KPK sama pilihannya, memilih Kapolri sama, APBN P sama, jadi beberapakali keputusan yang diambil DPR tidak namapk ada KMP-KIH lagi. Jadi sebetulnya keputusan politik saat ini lebih berdasarkan isu,” ujarnya.

Menurut politikus asli Lampung Selatan ini, PAN harus jadi mitra kritis bagi pemerintah. Artinya,  bila program pemerintah baik dan prorakyat maka akan didukung. Sebaliknya jika pemerintahnya tidak pro rakyat maka PAN wajib mengritisinya.

“Begitu juga untuk yang di provinsi dan kabupaten. Kita akan dukung program-program gubernur, bupati/walikota yang programnya mensejahterakan rakyat.Jadi langkah-langkah itulah yang kami lakukan, termasuk pelantikan pengurus DPP kemarin, kita berusaha menyatukan pimpinan-pimpinan parpol, meskipun berbeda pandangan politiknya, alhamdulillah terjadi. Pada prinsipnya PAN ingin agar suasana politik kita sejuk, hubungan antar parpol harmonis, walaupun berbeda pandangan politiknya,” tegasnya.

Loading...