Beranda Ruwa Jurai Bandarlampung Akhiri Tugas Sebagai Walikota Bandarlampung, Ini Kata Herman HN

Akhiri Tugas Sebagai Walikota Bandarlampung, Ini Kata Herman HN

126
BERBAGI
Plh Walikota Badri Tamam memberikan sambutan di acara sertijab dan perpisahan dengan mantan Walikota Herman HN.

TERASLAMPUNG.COM — Herman HN mengakhiri jabatannya sebagai Walikota Bandarlampung pada hari ini (17/2/2021). Jabatan Walikota Bandarlampung diserahkan kepada Pelaksana Harian (Plh) Walikota Bandarlampung, Badri Tamam.  Badri sekaligus merangkap sebagai Sekda Bandarlampung.

BACA: Akhiri Jabatan Walikota Bandarlampung, Herman HN akan Berkebun di Batuputu

Serah terima jabatan dilakukan secara sederhana di halaman parkir lantai empat kompleks Kantor Pemkot Bandarlampung.

Acara itu dimanfaatkan Herman HN untuk meminta maaf kepada para pejabat yang merasa tersengat dengan ucapannya.

“Saya pada kesempatan ini saya ingin meminta maaf kepada semua pejabat termasuk eselon tiga, eselon empat, dan para staf di lingkungan Pemkot Bandarlampung jika ada ungkapan saya yang menyakitkan,” katanya.

“Saya tidak dendam. Saya marah. Saya ingin semuanya berjalan dengan baik dan saya tegaskan tidak ada tergores di hati saya rasa benci saat saya marah itu,” Herman menegaskan.

Sementara itu Pelaksana harian (Plh) Walikota Badri Tamam menegaskan tugasnya utamanya sebagai Plh adalah pengendalian dan pencegahan Covid-19 dan persiapan pelantikan walikota dan wakil walikota Bandarlampung.

“Plh itu tidak boleh mengambil kebijakan strategis seperti masalah keuangan, organisasi, kepegawaian dan lain sebagainya. Kalaupun akan mengambil kebijakan,  harus ada izin dari Mendagri,” katanya.

Menurut Badri,  tugas penting lainnya adalah mempersiapkan pelantikan walikota dan wakil walikota terpilih hasil Pilkada serentak 2020.

“Insya Allah kalau tidak ada halangan besok KPU Kota Bandarlampung akan melaksanakan sidang pleno. Selanjutnya paripurna di DPRD.DPRD kemudian akan menyampaikan ke Mendagri melalui Gubernur Lampung,” jelasnya.

Badri mengatakan, kalau tidak ada halangan dan sesuai dengan jadwal,  tangal 25 atau 26 Februari 2021 akan dilakukan pelantikan walikota dan wakil walikota.

“Ini yang menjadi fokus tugas Plh,” tambah Badri Tamam.

Pada saat memberikan sambutan perpisahan, Badri Tamam sempat terisak dan parau suaranya ketika menyampaikan kesannya selama menjadi Sekdakot mendampingi Herman HN 10 tahun.

“Kemarin saya mendengar testemoni dari masyarakat tentang program-program Walikota Herman HN. Soal kesehatan, pendidikan dan lain sebagainya. Banyak hal yang dikerjakan Bapak Herman HN semuanya dirasakan oleh masyarakat,” ungkapnya dengan suara yang terbata-bata.

“Kami atas nama pegawai dan masyarakat mengucapkan terimakasih, mudah-mudah karya bhakti Bapak Herman HN selama 10 tahun memberikan berkah untuk semua warga Kota Bandarlampung,” kata Badri Tamam yang dekat dengan Herman HN sejak dia bertugas di Kesbangpol dan Herman HN saat itu menjabat Kepala Biro Keuangan Provinsi Lampung itu.

Dandy Ibrahim