Beranda News Covid-19 Covid-19, Status Lampung Utara Meningkat Jadi Zona Oranye

Covid-19, Status Lampung Utara Meningkat Jadi Zona Oranye

571
BERBAGI
Ilustrasi virus Corona atau Covid-19. Foto: Shutterstock
Ilustrasi virus Corona atau Covid-19. Foto: Shutterstock

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Lampung Utara bersama tiga daerah lainnya di Lampung akhirnya ditetapkan sebagai zona oranye Covid-19. Penetapan status zona dari kuning menjadi oranye ini dikarenakan meningkatnya potensi penyebaran virus Corona.

BACA: Tambah Empat, Kasus Covid-19 di Lampung Utara Jadi 43

“Betul, saat ini status zona Lampung Utara naik dari zona kuning menjadi zona‎ oranye,” terang Ketua Posko Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Lampung Utara, Sanny Lumi, Selasa (8/9/2020).

Peningkatan status ini dikarenakan masih tingginya potensi penyebaran COVID-19 di Lampung Utara belakangan ini. Kemungkinan besar pasien COVID-19 Lampung Utara masih terus bertambah jika merujuk pada banyaknya warga yang ditelusuri memiliki kontak erat dengan pasien positif sebelumnya.

‎”Peningkatan potensi penyebaran menjadi salah satu pertimbangan perubahan zona ini,” kata dia.

Perubahan status ini juga akan berdampak langsung dengan penanganan COVID-19. Mungkin kegiatan yang berpotensi mengumpulkan massa dalam jumlah yang banyak seperti pesta pernikahan, dan lainnya.

“Kegiatan berpotensi mengumpulkan orang banyak mungkin akan dibatasi atau dilarang,” tuturnya.

Kendati demikian, pihaknya masih akan membahas perubahan status zona ini dengan gugus tugas berikut konsekuensi yang akan ditimbulkan. ‎Setelah dihasilkan keputusan terkait hal ini akan segera diumumkan sebelum diterapkan ke masyarakat.

“‎Masih akan dibahas dengan gugus tugas terkait konsekuensinya,” jelas dia.

Loading...