Beranda News Covid-19 Ini Penyebab Hari Ini Ada “Ledakan” Penambahan Pasien Positif Corona di Lampung

Ini Penyebab Hari Ini Ada “Ledakan” Penambahan Pasien Positif Corona di Lampung

3677
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Lampung merilis penambahan kasus positif virus corona atau Covid-19 sebanyak 16 orang, Kamis (21/5/2020). Penambahan sebanyak 16 orang termasuk besar atau terjadi “ledakan” penambahan pasien baru. Biasanya rata-rata penambahan kasus positif baru di Lampung hanya 1-2 orang atau di bawah 10 orang.

BACA: Tambah 16, Pasien Positif Corona di Lampung Tembus 101 Orang

Meskipun ada penambahan sebanyak 16 orang, semua kasus baru tersebut sebenarnya bukanlah data baru. Artinya, penambahan kasus tersebut tidak terjadi hanya dalam rentang satu hari (Rabu-Kamis, 20-21 Mei 2020).

Menurut Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Lampung, Reihana, ke-16 pasien baru tersebut 12 di antaranya adalah hasil tracing terhadap santri yang baru pulang dari Ponpes Al Fatah Temboro, Jawa Timur. Satu pasien merupakan warga Tanggamus (awalnya disebut PDP) yang meninggal pada 10 Mei 2020, dan 3 lainnya adalah  kasus positif baru.

Pasien asal Tanggamus yang meningal pada 10 Mei 2020 lalu dan baru hari ini diketahui positif Covid-19 memiliki riwayat perjalanan dari Gowa, Sulawesi Selatan.

“Mereka  sampel swabnya baru didapatkan dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang. Hasil swab baru didapatkan karena sejak beberapa hari lalu ada masalah (trouble) di BBLK Palembang,” kata Reihana.

Reihana mengatakan, semua kasus baru (16 kasus) tersebut adalah orang tanpa gejala (OTG). Sebanyak 12 di antaranya  merupakan hasil pelacakan atau tracing terhadap para santri Pondok Pesantren Temboro, Magetan, Jawa Timur yang pulang kampung dan kemudian hasilnya swabnya dinyatakan positif Covid-19.

Dalam catatan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Lampung, para santri Ponpes Al Fatah Temboro, Kabupaten Magetan, Jawa Timur yang pulang kampung dan kemudian diketahui positif corona disebut masuk dalam klaster Temboro.

BACA: Pasien Positif Corona dari Tanggamus Meninggal, Ini Riwayat Perjalanannya

Menurut Reihana ke-16 orang yang dinyatakan positif Covid-19 itu kini dalam kondisi sehat. Ada yang melakukan isolasi mandiri di rumahnya, ada juga yang diisolasi di rumah sakit.

Dengan penambahan 16 pasien baru positif Covid-19, berarti sampai hari ini jumlah pasien positif Covid-19 di Lampung menjadi 101 orang.