Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Kadiskes Lampung Utara Bantah Terapkan Sistem Informasi Satu Pintu

Kadiskes Lampung Utara Bantah Terapkan Sistem Informasi Satu Pintu

134
BERBAGI
Kepala Dinas Kesehatan Lampura, Maya Metissa

Feaby | Teraslampung.com

Kotabumi–Kepala Dinas Kesehatan Lampung Utara, Maya Metissa membantah menerapkan sistem pintu kepada setiap pihak yang menginginkan informasi di kantornya.

Sebelumnya, sejumlah petinggi Dinas Kesehatan terkesan tutup mulut saat dimintai keterangannya seputar kegiatan mereka. Alasannya, sebelum ada perintah dari pimpinan untuk menjawab hal itu, mereka tidak berani memberikan keterangan.

BACA: Tertutup Soal Informasi, Dinas Kesehatan Lampung Utara tak Ramah kepada Wartawan

“Bukan ‎satu pintu sebetulnya. Saya sih bukan ini artinya, oh jangan ‎berikan keterangan, enggak. Saya enggak melarang,” kelit Maya.

Sebab, menurut Maya, ia telah menekankan kepada petinggi – petingginya terutama Sekretaris Dinas Kesehatan untuk berbagi peran. Mana hal – hal yang bisa mereka tangani sendiri, hendaknya segera mereka tangani.

Kendati demikian, kebijakan ini tak berlaku manakala informasi ‎yang dibutuhkan itu menyangkut kebijakan seputar anggaran. Bawahannya harus terlebih dulu menghubunginya jika menyangkut hal tersebut.

“Kalau menyangkut misanya kebijakan anggaran, mohon maaf,” tegasnya.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung Utara terkesan membatasi ruang gerak para kuli tinta dalam mencari informasi seputar program/kegiatan Dinkes untuk disampaikan kepada khalayak ramai.

Apa pasal?instansi yang dipimpin oleh Maya Metissa ini ‎menerapkan sistem satu pintu kepada siapa saja pencari informasi di instansi itu. Praktis dengan kebijakan ini, hanya Maya Metissa lah atau pejabat yang ditunjuknya yang berhak mengeluarkan pernyata‎an seputar kegiatan atau program di instansi tersebut.

Akibat kebijakan ini, jelas ruang gerak para kuli tinta menjadi sangat terbatas dan juga menimbulkan kesan tidak cukup bersahabat. Apalagi yang bersangkutan sukar untuk ditemui dan dihubungi melalui ponselnya. Yang bersangkutan dikabarkan sering kali jarang merespon panggilan masuk meski ponselnya dalam keadaan aktif.

Pengalaman pahit ini dialami langsung oleh Teraslampung.com dan sejumlah kuli tint‎a lainnya seperti Sarnubi (Kupas Tuntas), Alex (LampungToday.com). Sejak dua hari terakhir, Maya Metissa tak berhasil ditemui.

Di hari pertama yang bersangkutan dikabarkan sedang sibuk dan diminta oleh bawahannya untuk kembali lagi pada pukul 14.00 WIB.‎ Begitu didatangi pada jam tersebut, yang bersangkutan malah telah pergi dari kantornya. Sementara di hari kedua, yang bersangkutan ternyata sedang dinas ke luar kota.‎

Tak ingin pulang dengan tangan hampa, para kuli tinta pun berusaha mendatangi Sekretaris Dinas Kesehatan, Edy Kusnady. Dengan halus, Edy menjawab tidak berani mengeluarkan pernyataan jika belum berkoordinasi dengan pimpinan.

Padahal, informasi yang diinginkan oleh para kuli tinta hanya seputar detil program/kegiatan yang kemungkinan besar dipahaminya dengan baik.

Loading...