Beranda News Covid-19 Pasien Baru Covid-19 di Lampung Selatan Meninggal Dunia

Pasien Baru Covid-19 di Lampung Selatan Meninggal Dunia

3526
BERBAGI
Persiapan pemakaman jenazah A, warga Sidomulyo, Lampung Selatan yang meninggal dunia karena Covid-19, Kamis petang (1/10/2020).
Persiapan pemakaman jenazah A, warga Sidomulyo, Lampung Selatan yang meninggal dunia karena Covid-19, Kamis petang (1/10/2020).

Zainal Asikin | Teraslampung.com

LAMPUNG SELATAN-Pasien Covid-19 asal Lampung Selatan nomor 75 berinisial A (34), warga Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan meninggal dunia, Kamis (1/10/2020) sekitar pukul 14.30 WIB.

BACA: Pedagang Asal Sidomulyo Meninggal karena Covid-10, Ini Riwayat Perjalanannya

A dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil uji swab pada Selasa 29 September 2020 lalu. Usai dinyatakan reaktif Covid-19, pasien A menjalani isolasi di Rumah Sakit rujukan penanganan Covid-19 di Lampung Selatan.

Jenazah A  dimakamkamkan di tempat pemakaman umum (TPU) di wilayah Kecamatan Sidomulyo dan proses pemakaman mulai dilakukan Kamis petang. Pemakaman selesai pukul 19.20 WIB.

Pemulasaran hingga pemakaman jenazah A dilakukan tim Rumah Sakit Bob Bazar Kalianda menggunakan APD lengkap. Sedangkan penggalian makam dilakukan warga desa setempat.

BACA: Pasien Covid-19 di Lampung Tambah 25 Orang, 3 Meninggal Dunia

Kepala desa (Kades) Sigig Edi Lukman saat ditemui usai proses pemakaman pasien nomor 75 yang dikabarkan meninggal Covid-19 mengatakan, jenazah pasien berinisial A dimakamkam di TPU Desa Sidodadi.

Ambulans RSUD Bob Bazar membawa jenazah A ke pemakaman di Desa Sidodadi, Kecamatan Sidomulyo, Kamis malam (1/10/2020).

“Dimakamkan di TPU desa, tapi proses pemakamannya dengan protokol kesehatan oleh tim medis dari RS Bob Bazar Kalianda,”ujarnya kepada teraslampung com, Kamis (1/10/2020) malam.

Proses pemakaman jenazah pasien terduga Covid-19 di TPU tadi, kata Kades Sigig, berjalan lancar dibantu oleh warga.

“Alhamdulillah lancar proses pemakamannya, dan sudah selesai malam ini sekitar pukul 19.20 WIB tadi pemakamannya,”ucapnya.

Sigig menambahkan, pihaknya akan melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh Dusun (pedukuhan) Desa Sidodadi. Sedangkan dilingkungan sekitar tempat tinggal pasien berinisil A yang meninggal dunia, sudah dilakukan penyemprotan.

BACA: Donald Trump Positif Covid-19, Bursa AS – Asia – IHSG Jeblok

“Untuk di lingkungan sekitar tempat tingg almarhum A, sudah kami lakukan penyemprotan disinfektan pagi tadi. Rencananya, penyemprotan akan dilanjutkan besok,”tandasnya.

Sementara Camat Sidomulyo, Rendy Eko Supriyanto, saat dikonfirmasi membenarkan, adanya satu orang warga Kecamatan Sidomulyo meninggal dunia akibat Covid-19.

“Ya benar, kabarnya pasien berinisial A meninggal akibat Covid-19,”ujarnya.

Menurutnya, proses pemulasaran jenazah, dilakukan dengan protokol kesehatan oleh pihak Rumah Sakit Bob Bazar Kalianda.

“Kami bersama aparat desa dan warga, menyiapkan lahan untuk proses pemakamannya,”katanya.

Rendy Eko Supriyanto juga meminta kepada masyarakat Sidomulyo tidak panik, selain itu juga agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan (Prokes) dengan menggunakan masker, rajin cuci tangan, jaga jarak, hindari kerumunan dan gunakan handsanitizer.

BACA: Ini Riwayat 25 Pasien Baru Covid-19 di Lampung

“Saya minta, masyarakat jangan panik dan terapkan selalalu protokol kesehatan,”katanya.

Terpisah, Kepala Puskesmas Rawat Inap (PRI) Sidomulyo, Rocky Sihombing saat dikonfirmasi mengungkapkan, pihaknya sedang melakukan tracing warga yang pernah kontak dengan pasien tersebut.

“Kami sedang tracing dengan rapid test, terutama untuk kelurga pasien tersebut dan juga kepada warga yang pernah kontak langsung dengan pasien,”katanya.

Dalam data Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung, A merupakan pasien nomor 892. Pada Rabu lalu (30/9/2020) Kepala Dinas Kesehatan Lampung, Reihana, menyebutkan bahwa Covid-19 yang diidap A termasuk kasus baru. Artinya, ia bukan merupakan hasil tracing atau memiliki riwayat kontak dengan pasien yang sebelumnya sudah dinyatakan positif Covid-19.

Loading...