Pencopotan Sri Widodo Diduga karena “Melawan” Kemendagri

  • Bagikan
‎Pelaksana Tugas Bupati Lampung Utara, Sri Widodo (Teraslampung.com/Feaby Handana)
‎Pelaksana Tugas Bupati Lampung Utara, Sri Widodo (Teraslampung.com/Feaby Handana)

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi –‎ Hanya sehari setelah melakuran rollling pejabat eselon 3 dan 4 Pemkab Lampung Utara, Plt Bupati Lampung Utara Sri Widodo dicopot Kementerian Dalam Negeri, Jumat (22/6/2018).

Sebelumnya Sri Widodo sudah diperingatkan untuk tidak “cucuk cabut” pejabat Pemkab Lampung Utara selama masa dirinya menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampura.

Terkait alasan sebenarnya di balik pencopotan Sri Widodo sebagai Plt Bupati Lampura, Sekretaris Kabupaten Lampung Utara, Samsir mengaku tidak tahu persis.

Samsir membenarkan bahwa ia telah ditunjuk sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Lampung Utara (Lampura) untuk menggantikan Sri Widodo yang ‘dicopot’ dari statusnya sebagai Pelaksana Tugas Bupati Lampura. Namun, ia mengaku tidak tahu alasan pencopotan Sri Widodo.

BACA: Sri Widodo Dicopot Sebagai Plt Bupati Lampung Utara

“Benar saya ditunjuk sebagai ‎Plh untuk mengisi kekosongan pimpinan,” kata Plh Bupati Lampura, Samsir kepada wartawan melalui ponselnya, Jumat (22/6/2018).

Menurutnya, hal itu seluruhnya merupakan wewenang Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Saya menjabat sampai masa Pelaksana Tugas Bupati Lampura (hingga usai Pilkada Lampung Utara),” jelasnya.

‎Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Lampung menggelar penyerahan surat keputusan penunjukan Samsir (Sekretaris Kabupaten Lampura) sebagai Plh Bupati Lampura di ruang rapat utama kantor Pemerintah Provinsi Lampung, Jumat (22/6/2018).

Kegiatan ini imbas dari ‎pencopotan Sri Widodo dari statusnya sebagai Pelaksana Tugas Bupati Lampura oleh Kementerian Dalam Negeri. Pencopotan ini diduga kuat imbas dari kebijakan Sri Widodo yang tak mengindahkan larangan untuk tidak melakukan pelantikan pejabat di lingkungannya. Posisi Sri Widodo kini digantikan ‎oleh Samsir (Sekretaris Kabupaten) sebagai Pelaksana Harian Bupati Lampura.

Berdasarkan video yang diterima oleh Teraslampung.com, prosesi pencopotan Sri Widodo dan penunjukan Samsir sebagai Plh Bupati Lampura dilakukan di ruang rapat utama kantor Gubernur Lampung.

Surat Keputusan penunjukan sebagai Plh diserahkan oleh Pejabat Sementara Gubernur Lampung, Didik Suprayitno kepada ‎Samsir. Prosesi penyerahan SK ini disaksikan oleh pejabat Pemerintah Provinsi Lampung, di antaranya Pelaksana Tugas Sekretaris Pemerintah Provins Lampung Hamartoni Ahadis dan sejumlah ejabat Pemkab Lampura, seperti Asisten III Pemkab Lampura Efrizal Arsyad dan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Iwan Setiawan.

Loading...
  • Bagikan