Perancah di Lantai Empat Proyek Lampung City Mall Roboh, Satu Pekerja Tewas

  • Bagikan
Cor-coran yang ambruk (ditutupi terpal biru) di proyek The Bay Apartemen dan Lampung City Mall di jalan Yos Sudarso, Kota Bandarlampung.
Cor-coran yang ambruk (ditutupi terpal biru) di proyek The Bay Apartemen dan Lampung City Mall di Jalan Yos Sudarso, Kota Bandarlampung. Foto Teraslampung.com/Dandy Ibrahim

TERASLAMPUNG.COM — Perancah atau scaf folding  proyek The Bay Apartemen dan Lampung City Mall di Jalan Yos Sudarso, Kota Bandarlampung ambruk, Sabtu (27/3/2021). Diduga satu pekerja tewas dalam musibah tersebut.

BACA: Satu Pekerja Tewas, Polisi Selidiki Jatuhnya ‘Scaf Folding’ di Proyek Lampung City Mall

Perancah setinggi lima meter di proyek pembangunan yang dikerjakan oleh PT Nusa Raya Cipta (NRC) itu ada di lantai empat. Perancah tiba-tiba roboh karena diduga tidak mampu menahan beban cor-coran.

Kejadiannya menurut salah seorang pekerja yang selamat yang enggan disebutkan namanya, sekitar pukul 9.00 dia. Saat itu para pekerja sedang mengecor dan meratakan cor-coran di lantai empat di proyek milik Sungai Budi Group itu.

“Saya bersama pekerja yang lain sedang ngecor dan ada yang bagian meratakan cor-coran tiba-tiba scaf folding setinggi lima meter di bagian depan runtuh, saya lari dan selamat,” jelasnya kepada teraslampung.com, Sabtu 27 Maret 2021.

Dua temannya yang bekerja pada sisi bagian depan pada saat skaffoding ambruk itu tidak sempat menyelamatkan diri, satu orang meninggal dunia dan satunya dirawat di rumah sakit.

“Saya dengar yang tidak bisa menyelamatkan diri itu jatuh dari lantai emat ke bawah dan meninggal dunia. Saya tidak tahu namanya yang saya tahu dia pekerja asal jawa,” kata pria asal Kabupaten Way Kanan itu.

“Yang di rawat di rumah sakit namanya pak Joni warga Rangai, Lampung Selatan itu saja yang saya tahu,” jelasnya dengan wajah masih agak pucat dan kakinya masih tersisa bekas semen.

Ditempat terpisah, Beni warga RT 41 Lingkungan III Kelurahan Bumi Waras, Kecamatan Bumi Waras yang rumahnya berjarak sekitar 25 meter dari proyek itu mengatakan suara runtuhnya cor-coran itu seperti suara batu yang runtuh.

“Tiba-tiba ada suara gemuruh seperti batu runtuh, saya di dalam rumah langsung ke luar dan saya lihat kap proyek itu ambruk,” kata Beni.

BACA: Terganggu, Warga Keluhkan Pembangunan The Bay Apartemen dan Lampung City Mall

Saat dia keluar melihat bagian depan proyek yang ambruk, ada dua pekerja yang bergelantungan yang satu bisa naik dan satu pekerja merosot jatuh dari lantai empat.

“Satu pekerja seperti spiderman dia berusaha menyelamatkan diri memegang apa saja besi-besi dan kayu yang ada supaya dia selamat. Saya dengar dia selamat dan katanya dia masuk rumah sakit,” jelasnya

“Satu orang saya lihat jatuh tuh dari lantai 4 konon saya dengar pekerja yang jatuh itu meninggal dunia,” ungkap Beni.

Teraslampung.com berusaha mengkonfirmasi kejadian tersebut, saat masuk ke dalam proyek pembangunan The Bay Apartemen dan Lampung City Mall itu bertemu dengan bagian Safety Officer, Binsar dan dia engan menjawab pertanyaan dari wartawan.

Dandy Ibrahim

Loading...
  • Bagikan